Hujan Lebat Kembali Sebabkan Bencana Banjir, Longsor, Hingga Pohon Tumbang

Hujan lebat yang melanda Kota Ambon, Selasa.-PJ-

AMBON (info-ambon.com)-Hujan lebat yang melanda Kota Ambon, sejak Senin (4/7/2022) malam hingga selasa pagi (5/7/2022) kembali mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Ambon, Demmy Paais, melaporkan, banjir terjadi di Desa Nania RT 006 RW 001 akibat sendimentasi Kali Waisalak yang merendam enam rumah.

“Sedangkan longsor di Kelurahan Amantelu RT 003 RW 03 batu menimpa rumah warga sehingga dinding dapur rusak. Yang  terdampak tiga kepala keluarga,” ungkap Paais,” Selasa (5/7/2022).

Selain itu, titik genangan air juga terjadi pada sejumlah kawasan dan jalan umum, antara lain Desa Waiheru kawasan Pasar Cokro, Desa Hunut-Dusun Kate-Kate, Negeri Halong-Air Besar, Negeri Passo, Depan Mall ACC.

Selain Bencana banjur dan tanah longsor, terjadi pula Talud Patah dan bencana pohon tumbang di Desa Poka – Unpatti dan Passo – Air Besar.

“Sementara ini, Tim BPBD dibantu Damkar, telah turun di titik – titik lokasi bencana dan melakukan penanganan dan pendataan,” terangnya.

Dengan intensitas hujan yang terjadi saat ini, Kalak berharap masyarakat yang bermukim di daerah-daerah pinggiran sungai, agar meningkatkan kewaspadaan karena berdasarkan pantauan CCTV debit air telah meluap. (EVA)

Exit mobile version