Hujan dan Angin di Ambon; Walikota Instruksikan Dinas Terkait Stand By 24 Jam

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy: Instansi teknis siaga 24 jam. Ini instruksi. -PJ-

AMBON(info-ambon.com)-Curah hujan yang tinggi di Kota Ambon, baik dengan intensitas ringan, sedang dan besar menyebabkan tumbangnya pohon dan tanah longsor di beberapa titik.

Bahkan, Prakirawan BMKG Maluku yang dirilis 06 Juni 2019, pukul 15.15 WIT menyebutkan, secara umum, Kota Ambon dan sebagian Maluku masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada info-ambon.com, Kamis (6/6/2019) menegaskan, pihaknya sudah menginstruksikan dinas-dinas terkait, apakah itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, Dinas Kesehatan serta yang punya kaitan langsung maupun tidak untuk stand by (siaga) 24 jam.

‘’Ini instruksi. Semua personil dinas terkait harus stand by 24 jam menghadapi kondisi cuaca ekstrik di kota ini. Setiap ada laporan, harus segera ditindaklanjuti,’’ tegasnya.

Diakui, memang dalam kurun waktu seminggu belakangan ini, cuaca ekstrim terus melanda Kota Ambon. Hujan dan angin terus terjadi di Ambon. Pihaknya selaku penyelenggara pemerintahan, tetap siaga mengantisipasi semua kemungkinan buruk yang menimpa masyarakat.

Walikota menghimbau kepada seluruh warganya untuk betul-betul waspada dengan dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi disertai dengan angin.

Louhenapessy akui, dibeberapa tempat terjadi longsor terutama di beberapa daerah rawan, oleh karenanya, dirinya menghimbau untuk warga, untuk lebih berikhtiar terutama bagi warga yang tinggal di lereng-lereng gunung serta juga pada daerah aliran-aliran sungai.

‘’Warga harus berikhtiar dan lebih berharti-hati, jika melihat kondisi tertentu, hendaknya segera meninggalkan rumah dan mencari lokasi aman, untuk menghindari korban jiwa’’ himbaunya.

Pemkot Ambon, tegasnya, tetap memberikan perhatian 1X24 jam untuk kebutuhan warga terutama daerah terdampak dan seluruh dinas terkait sudah diinstruksikan untuk selalu waspada dan stand by.

Untuk diketahui, hujan dengan intensitas kecil-sedang dan lebat serta angin kencang sudah melanda kota Ambon sejak seminggu belakangan ini. Puncak hujan lebar terjadi pada tanggal 3,4,5 dan 6 Juni ini.(PJ)

Exit mobile version