Hilang di Hative Besar, Jenazah Barzuweh Ditemukan di Latuhalat

Jenasah salah satu warga yang hilang di perairan Hative Besar dan ditemukan 1 mil jauhnya tepatnya di Latuhalat.-dok-

AMBON (info-ambon.com)-Setelah tiga hari pencarian, Rabu (2/2/2021). Pria 75 tahun yang merupakan purnawirawan TNI AL pangkat Letnan Kolonel itu ditemukan warga mengapung di depan Pantai Wawae, Silale, Latuhalat Kecamatan Nusaniwe , Kota Ambon sekitar pukul 09.00 WIT, jenazah Barzuweh mengambang di pantai.

Alex Lekatompessy, warga sekitar yang juga nelayan yang menemukan lantas membawanya ke tepi pantai berkarang.

Salah satu anggota tim SAR Ambon, Tengku mengakui, berdasar ciri-ciri jenazah itu lantas berhasil dikenali sebagai Barzuweh yang tak kembali usai berenang pada siang tepat sebelum salat Zuhur pada 31 Januari 2021 lalu.

Dari keterangan kerabat yang tinggal bersamannya di  Hative, Barzuweh berenang di depan kediaman Nono di Hative Besar yang menghadap ke laut. Sebelumnya, Ibu RT yang hendak mandi di laut juga melihat Barzuweh yang berdiri di tepi pantai hendek berenang pada siang itu. Tak lama berselang diapun urung dan memilih kembali ke rumah karena melihat kondisi air pasang.

Tengku mengatakan, kuat dugaan tubuh Barzuweh terseret arus. Selama tiga hari pencarian, barulah tim SAR, TNI POLRI juga warga baru menemukan tubuh Barzuweh berjarak sekitar 1 mil dari lokasi. Tepatnya di depan negeri Latuhalat.

“Biasanya kalau tenggelam itu tubuh paling lama 3-4 hari lagi sudah naik ke permukaan. Kalau masih tidak ada maka pencarian dilakukan. Tim kembali menyelam. Ini tubuhnya terseret sampai ke Silale sekitar 1 mil dari sini (Hative Besar),” lanjut dia.

Baru sekitar pukul 12.00 WIT, tim SAR dan unsur yang terlibat termasuk warga membawa jenazah Bapak dua anak itu menggunakan speed boat dari Latuhalat ke rumah Nono di Dusun Kanari Hative Besar. Dengan menggunakan kantong jenazah hitam, tubuh Barzuweh lantas diserahkan kepada anak sulungnya yang juga terlibat dalam pencarian.

Letnan Kolonel Marinir Farid, anak sulungnya yang hadir menyebut jenazah ayahnya akan dibawa ke Jakarta esok hari menggunakan pesawat. Raut wajahnya terlihat berusaha menahan rasa kehilangan dan memerah. Farid yang juga Komandan Bataliyon Marinir di Medan itu mengucapkan terimakasih kepada semua unsur yang telah membantu menemukan sang ayah.

“Rencananya ambulans akan membawa jenazah ke Rumah Sakit Angkatan Laut, FX. Suhardjo Lantamal IX Ambon untuk diambil alih kedinasan ada proses antar sampai malam. Esok baru terbang ke Jakarta menggunakan salah satu maskapai,” jelas Nono saat ikut menerima jenazah di pantai depan rumahnya.(EVA)

Exit mobile version