Harga Cabai Rawit di Ambon ‘Menggila’

AMBON (info-ambon.com)-Harga cabai di Pasar Tradisonal Mardika Kota Ambon bergerak naik, hal ini disampaikan Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Yanes Appono kepada Info-ambon.com di ruang kerjanya, Kamis (16/4/2020).

“Kalau bumbu-bumbu masak yang bergerak naik itu harga cabai kembali naik mencapai Rp70.000 hingga Rp80.000/Kg, atau naik dari harga sebelumnya Rp10.000/Kg, sedangkan cabai merah keriting harga masih tetap  Rp15.000-20.000/kg, pemicu kenaikan harga karena masa panen sudah selesai, kalau harga cabai selalu terjadi fluktuasi harga, itu merupakan mekanisme pasar seperti begitu”katanya.

Dijelaskan,kenaikan harga cabai ini juga karena Kota Ambon bukan daerah produksi, tetapi dari daerah pemasok yakni dari Pulau Seram maupun Pulau Buru, di samping petani lokal asal Pulau Ambon.

“Para pemasok ini atau penadah mereka menjual kepada para pedagang eceran di pasar dengan harga berkisar antara Rp55.000 hingga Rp60.000/Kg,”ujar Aponno.

Sedangkan untuk bawang merah  pada posisi harga Rp.40.000-45.000/Kg, ini juga pengharuh daerah pemasok, misalnya dari Surabaya, Ujung Pandang, dan kapal juga berjalan tidak normal, sehingga membuat stok sehingga bisa memicu kenaikan harga bawang, tetapi stok bawang itu tetap banyak, hanya harganya Fluktuasi di lapangan.

“Stok dan kebutuhan barang kebutuhan pokok lainnya masih banyak. Sementara stok beras, gula masih cukup,”tutup dia.(EVA)

Exit mobile version