Hahiariy Resmi Raja Hukurila

Prosesi pelantikan Raja Negeri Hukurila di ruang rapat Vlisingen-Balai Kota Ambon.-dok-

AMBON(info-ambon.com)– Johanes Markus Jakobus Hahiariy resmi dilantik Walikota Ambon, Richard Louhenapessy sebagai Raja Negeri Hukurila periode 2020-2026. Pelantikan berlangsung, Jumat (6/11/2020) di ruang rapat Vlisingen-Balai Kota Ambon.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam arahannya saat itu sampaikan, Hukurila di Kecamatan Leitimur Selatan, adalah satu-satunya negeri adat di Maluku yang proses suksesi raja berlangsung dalam suasana yang damai dan kekeluargaan.

Hal ini terjadi karena semua mata rumah yang ada disana, mengakui, bahwa mata rumah Parenta yang ada disana hanyalah mata rumah dengan marga Hahiariy.

Bahkan, lanjutnya, negeri ini pula satu-satunya yang proses pengalihan kepemimpinan berlangsung secara normative, antara pejabat raja yang lama kepada pejabat raja yang baru. ‘’Hukurila sangat luar biasa. Dan ini harus jadi contoh bagi negeri lainnya di Ambon,’’ tegas orang nomor 1 di Kota Ambon tersebut.

Disampaikannya, pada banyak negeri adat yang ada di Ambon, hanya untuk posisi raja saja, antar keluarga saling ribut, bahkan antar adik-kakak juga ribut dan saling tidak menyapa.

‘’Ini menjadi keprihatinan kita. Makanya, prosesi di Hukurila menjadi contoh baik, bahwa ternyata, masih ada masyarakat adat yang menjaga tatanan sejarah yang diturunkan leluhurnya,’’ sergahnya.

Kepada raja yang baru, Louhenapessy meminta agar dapat membangun negeri dengan baik, dan terus mengedepankan pola-pola kekeluargaan dalam memecahkan sesuatu masalah dalam negeri.

Dan kepada pejabat lama, dia juga sampaikan penghargaan dan apreseasi, karena mampu membangun Hukurila dengan baik, bahkan mempertahankan negeri itu di zona hijau penyebaran COVID-19 di Ambon.

Politisi partai Golkar itu juga menambahkan, atas jasa dan upaya yang dilakukan pejabat lama, maka Pemkot Ambon memberikan apreseasi melalui penghargaan kepada mantan raja dan saniri Hukurila. (PJ)

Exit mobile version