Gubernur: Akhir 2021, Minimal 2/3 Warga Tervaksin Covid-19

Gubernur Maluku, Murad Ismail menjadi orang pertama di Maluku yang menerima vaksin Covid-19 buatan Sinovac, tadi pagi di RSIP dr Leimena Kota Ambon.-dok-

AMBON(info-ambon.com)-Gubernur Maluku, Murad Ismail menegaskan, pihaknya menargetkan, sampai dengan akhir tahun 2021 ini, minimal 2/3 dari masyararakat Maluku sudah diberikan vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penegasan itu disampaikan Gubernur Maluku dalam sambutannya pada acara vaksin perdana tingkat provinsi Maluku, di RSUP dr Leimena Ambon, Jumat (15/1/2021) pagi.

Dia mengingatkan kepada warga Maluku, sebelum 2/3 masyarakat divaksin, maka harus tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan tetap mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Berita terkait: Pemkot Serahkan 368 Vial Vaksin Sinovac ke RSUP Dr Leimena

Gubernur katakan, hari ini, adalah momentum yang sangat penting, bukan saja untuk Maluku tapi dunia, karena vaksinasi Covid-19 di seluruh wilayah sudah dimulai.

Menurutnya, pandemi ini sangat berdampak pada sektor ekonomi dan sosial, serta menguras begitu banyak energy, dan merubah perilaku kita secara signifikan.

Murad berharap, kehadiran vaksin ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pembangunan serta kembalinya kehidupan normal yang berangsur-angsur membaik.

Berita terkait: Ribuan Nakes di Ambon Dapat Jatah Vaksin Tahap I

Ia menyebutkan, pada periode pertama ini, vaksin diperuntukan kepada seluruh Sumber Daya Manusian (SDM) Kesehatan.

Sambutan Gubernur sebelum acara vaksinasi dimulai di Maluku.-dok-

Terhadap kinerja SDM kesehatan ini, Murad Ismail sangat mengapreseasi. ‘’Kerja dan perjuangan serta pengabdian yang begitu besar dan luar biasa seluruh tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam urusan kesehatan masyarakat, mulai dari awal pandemi hingga saat ini,’’ akunya.

Setelah SDM kesehatan, akan dilanjutkan dengan aparat TNI-Polri dan ASN yang bertugas pada pelayanan publik, kemudian para lansia serta kelompok masyarakat lainnya sampai akhir tahun 2021.

Gubernur menegaskan, vaksinasi ini sangat perlu dan harus, untuk itu dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku, jangan percaya dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan atau hoax, namun mintalah informasi dari saluran-saluran resmi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Murad juga memerintahkan seluruh OPD dan instansi vertikal yang ada di Maluku untuk terlibat secara aktif dalam upaya-upaya sosailisasi dan edukasi untuk mensukseskan vaksinasi  Covid-19 ini.

‘’Kami-kami yang melaksanakan vaksin pertama di Maluku pada hari ini, bermaksuk untuk memberikan contoh dan keyakinan kepada seluruh masyarakat,  bahwa vaksin ini aman dan halal, sebagaimana vaksin yang dipakai oleh bapak Presiden dengan pejabat negara lainnya,’’ demikian Murad Ismail. (PJ)

Exit mobile version