Golkar ‘Absen’ ke DPR RI, Pieris ‘Absen’ ke DPD RI Dapil Maluku

Gedung parlemen DPR RI di Jakarta.-web-

AMBON(info-ambon.com)-Partai Golongan Karya (Golkar) ‘absen’ meloloskan wakilnya ke kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dari Daerah Pemilihan Maluku.

Kepastian itu diperoleh info-ambon.com, usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku merampungkan rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi, Senin (20/5/2019).

Sebelumnya, dari pemilu ke pemilu, Golkar bak punya jatah tetap kursi di DPR RI bersama PDIP. Namun untuk periode 2019-2024, Golkar harus rela melepaskan kursi tersebut kepada parpol lainnya.

Sesuai perhitungan yang dilakukan KPU Maluku, 4 wakil anggota DPR RI Dapil Maluku diisi oleh perwakilan parpol PDIP, Nasdem, PKS dan Gerindra.

Mereka masing-masing Mercy Barens, Abdullah Tuasikal, Saadiah Uluputty  dan Hendrik Lewerissa.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih  akumulasi suara sebanyak 197.648, Partai Nasional Demokrat (NasDem)  dengan akumulasi suara partai  118.307, Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  dengan suara akumulasi 97.765, dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan suara akumulasi sebanyak 94.298.

Sementara itu, untuk posisi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia perwakilan Provinsi Maluku, juga sudah ditetapkan. Sama dengan DPR RI, anggota DPD asal Maluku juga berjumlah 4 orang.

Lalu siapa saja mereka? Dari hasil pleno KPU Maluku tersebut, 4 nama yang berhasil melangkah ke gedung siput Jakarta yakni Anna Latuconsina,  Novita Anakotta,  Mirati Dewaningsih, dan Nono Sampono. 3 dari 4 yang lolos tersebut merupakan petahana. 1 petahana yakni John Pieris harus absen di periode 2019-2024 kali ini. Anna Latuconsina meraih suara  terbanyak yakni  119.091 suara, disusul Novita Anakotta, 85.862 suara, kemudian posisi ketiga ditempati  Mirati Dewaningsih meraih 62.135 suara dan terakhir Nono Sampono yang meraih  60.934 suara. (PJ)

Exit mobile version