Gempabumi Tektonik M 5, 7 Terjadi di Laut Banda

AMBON (info-ambon.con)-Terjadi Parameter Gempabumi terjadi Kamis, 24 Juni 2021 pukul 09:24:56 WIB wilayah Laut Banda diguncang gempa tektonik.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,7 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=5,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,04° LS ; 128,34° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 242 km arah Timur Laut Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku pada kedalaman 358 km.

“Jenis dan mekanisme gempabumi Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat aktivitas subduksi.Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik ( Thrust Fault ),” jelasnya dalam rilis tertulis yang diterima info-ambon.com, Kamis (24/6/2021).

Dijelaskan, dampak gempabumi berdasarkan peta guncangan ( shakemap ) gempabumi ini berpotensi dirasakan di Masohi III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gembumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Bambang.

Selain itu, lanjut Bambang, gempabumi susulan hingga hari Kamis, 24 Juni 2021 pukul 09:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Rekomendasi kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” himbaunya.(EVA)

 

Exit mobile version