Festival Sains YPPK Peringati Hardiknas 2022

Ketua Cabang YPPK KPAT Pdt Odik Ririmasse memberikan sambutan membuka festival sains dan seni 2022.-SAR-

AMBON(info-ambon.com)-Yayasan Pembinaan Pendidikan Kristen (YPPK) Cabang Klasis Pulau Ambon Timur (KPAT), Rabu (11/5/2022) di aula kantor KPAT,  menyelenggaraan Festival Sains peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022. Kegiatan dibuka oleh Ketua Cabang YPPK KPAT Pdt Odik Ririmasse.

Dalam sambutannya Ririmasse sampaikan, penyelenggarakan festival ini sesungguhnya mengacu pada panggilan kita sebagai gereja, guna bertanggungjawab terhadap mutu Sumber Daya Manusia (SDM).

Disebutkannya, dalam kaitan dengan pendidikan dan mutu pendidikan, maka salah satu tugas Pekabaran Injil (PI) yang diamanatkan kepada gereja yakni menyelenggarakan pendidikan.

‘’Jadi kalua kita menyelenggarakan kegiatan ini, maka itu bukan hanya semata mencerdaskan anak bangsa, tapi juga kita sementara memulaikan Tuhan. Sebab peraturan gereja yang tertuang dalam tata gereja kita, salah satu bentuk pelayanan adalah memberitakan injil lewat dunia pendidikan,’’ tegas Ririmasse.

Peserta festival sesaat sebelum lomba di aula KPAT Passo, Ambon.-SAR-

Menurutnya, festival ini, kita akan meningkatkan kualitas SDM, tetapi juga serempak dengan itu, meningkatkan kualitas pelayanan gereja. ‘’Kita tidak bisa hindari bahwa dunia pendidikan menjadi tempat yang tepat dalam kaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan dan juga kualitas SDM. Kualitas SDM bisa kita capai melalui kualitas pendidikan melalui kegiatan seperti ini,’’ akunya.

Ditambahkan, pihaknya meminta semua pihak untuk turut berpartisiasi dalam kegiatan ini, sebab besar dampak positifnya bagi pengembangan sumber daya gereja kedepan.

‘’Kali ini jumlah peserta memang sedikit, namun kita belajar dari Yesus, bahwa dengan 12 pengikut, namun saat ini sangat banyak jemaat yang bertumbuh. Kita percaya, dari hal yang kecil akan menjadi sesuatu yang besar, dan itu hanya bisa terjadi jika kita menyerahkan semuanya kepada tangan Tuhan,’’ tegasnya.

Ia berharap kedepan, semakin banyak peserta berpartisipasi pada ajang ini, sehingga kita mampu menghasilkan generasi gereja yang punya kemampuan dalam dunia sains.

Festival sains terdiri dari Karya Ilmiah untuk jenjang SMA diikuti oleh 3 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 2 orang peserta dan Projek Sains untuk jenjang TK diikuti oleh 14 peserta, terdiri dari 5 dari TK Kristen Passo, 4 dari TK Betlehem Hutumuri dan 5 dari TK Kristen Naku.

Juri yang dipilih menilai para peserta yakni Prof.Dr.M.Malle,MSc, Dr.N.Hattu,M.Si dan Dr.L.M.Kelwulan,ST,MT.

Terkait pengumuman juara, akan dilaksanakan saat upacara Hardiknas yang dipusatkan di SD Kristen Hutumuri pada 13 Mei 2022 mendatang.

Untuk juara 1,2,3 memperoleh tropi, bonus dan sertifikat. Semua peserta memperoleh sertifikat juga guru-guru pendamping. (PJ)

Exit mobile version