Ekonomi Maluku Triwulan IV-2023 Tumbuh 4,77 Persen

AMBON (info-ambon.com)-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Maritje Pattiwaellapia menyampaikan, ekonomi Maluku triwulan IV-2023 dibanding triwulan IV-2022 (y-on-y) mengalami pertumbuhan sebesar 4,77 persen.

“Pertumbuhan terjadi pada sebagian besar lapangan usaha dan yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah industri pengolahan sebesar 13,74 persen; selanjutnya jasa keuangan dan asuransi sebesar 9,54 persen,” kata dia kepada wartawan di Kantor BPS Maluku, Senin (5/2/2024).

Sementara itu, lanjut Pattiwaellapia, untuk lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan yang memiliki peran dominan pada perekonomian Maluku juga mengalami pertumbuhan positif sebesar 6,72 persen.

“Ekonomi Maluku Kumulatif Triwulan IV-2023 dibanding Kumulatif Triwulan IV-2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,21 persen (c-to-c). Pertumbuhan ini terjadi di seluruh lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha industri pengolahan sebesar 16,37 persen; dan lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 9,30 persen,” terangnya.

Sedangkan, khususnya untuk lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan memainkan yang peran penting dalam perekonomian Maluku dimana lapangan usaha tersebut mengalami pertumbuhan positif sebesar 5,66 persen

Ekonomi Maluku Kumulatif Triwulan IV-2023 dibanding Kumulatif Triwulan IV-2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,21 persen (c-to-c).

“Pertumbuhan ini terjadi di seluruh lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha industri pengolahan sebesar 16,37 persen; dan lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 9,30 persen,” ujar Pattiwaellapia.

Sedangkan, khususnya untuk lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan memainkan yang peran penting dalam perekonomian Maluku dimana lapangan usaha tersebut mengalami pertumbuhan positif sebesar 5,66 persen. (EVA)

Exit mobile version