DPRD Maluku Himbau Warga Siaga dan Ikuti Peringatan BMKG Terkait Gempa

Wakil Ketua DPRD Maluku Melkianus Sairdekut .

AMBON (info-ambon.com)-Wakil Ketua DPRD Maluku Melkianus Sairdekut menghimbau, kepada masyarakat yang mengalami dampak gempa dengan magnitudo (M)7,5 berdampak pada kerusakan sejumlah rumah warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Fenomena yang terjadi pada Selasa (10/1/2023), 00.47 WIB atau 02.47 waktu setempat. Dimana, gempa mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak berat, fasilitas Pemerintah dikabarkan juga mengalami kerusakan dengan kekuatan 7,5 SR mengguncang wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya (MBD).

”Kami mengharapkan warga siaga dan tetap mengikuti peringatan yang dikeluarkan BMKG, karena bukan hanya soal gempa tetapi berkaitan juga dengan kondisi alam, cuaca ekstrim sehingga terjadi gelombang tinggi yang perlu diwaspadai,” katanya kepada wartawan di Kantor DPRD Provinsi Maluku, Selasa (10/1/2023).

Dikatakan, gempa yang mencakup Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Maluku Barat Daya (MBD). Karena akibat gempa yang terjadi menimbulkan beberapa rumah warga dan gedung Pemerintahan di KKT mengalami kerusakan bahkan ada korban jiwa.

Oleh sebab itu, lanjut Sairdekut, Pemerintah Daerah diminta segera menerapkan tanggap darurat terhadap kondisi yang terjadi di KKT agar penanganan pasca gempa bisa segera dilakukan terhadap warga yang mengalami dampak secara langsung.

“Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten diharapkan segera mengidentifikasi kerusakan pada bangunan rumah warga, dan fasilitas pemerintah yang mengalami kerusakan, agar segera ada penanganan darurat,” pungkasnya. (EVA)

Exit mobile version