DPPKB: Kampung KB Berikan Dampak Positif bagi Warga Kota Ambon

AMBON (info-ambon.com)-Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, Welly Patty mengatakan, kampung Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi saat ini memberikan dampak baik bagi warga Kota Ambon.

“Ambon memiliki sebanyak 16 kampung KB dan sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ada. 16 kampung KB yang sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Walikota tersebut terbagi di setiap Kecamatan yang ada yakni 3 di kecamatan Teluk Ambon, 3 dikecamatan Baguala, 3 di kecamatan Nusaniwe, 3 di kecamatan Leitimur Selatan, dan 4 di kecamatan Sirimau,” katanya, Sabtu (15/6/2019).

Disampaikan, dampak yang diberikan oleh kampung KB kepada masyarakat yakni kemudahan bagi ibu untuk menerima pelayanan kesehatan dan program KB, pelayanan kesehatan anak dan beberapa lainnya.

Dilanjutkan, penambahan terhadap jumlah kampung KB yang ada. Untuk lebih menyebar ke masyarakat. Dan masyarakat yang ada dapat masuk dalam keluarga sejahtera.

“Kami berupaya semaksimal mungkin kalau boleh ada penambahan dari masing-masing kecamatan itu satu. karena keterbatasan anggaran,” ujar Patty

Disebutkan, pihaknya akan meminta bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) untuk hal tersebut. “Dengan bantuan tersebut, karena animo kepala desa dan lurah itu mereka mau supaya ada pembentukan kampung KB itu didesa mereka juga kerena mereka juga sudah merasakan dampak dari kampung KB itu,” lanjutnya

Dikatakan, dengan adanya kampung KB di Ambon, Kota Ambon membantu provinsi Maluku merebut peringkat ke-8 terbaik se-Indonesia untuk kategori kampung KB.

“Pada posisi keuarga pra sejahtera ada pada peningkatan. dan ketika ada pembentukan itu ada Kartu Keluarga (KK) yang belum itu kelompok kegiatan di masyarakat nyata. dan mereka sangat manfaat dari kampung KB itu,” tutup Patty. (EVA)

Exit mobile version