DPPKB Bentuk Dua Kampung KB di Kecamatan Baguala dan Nusaniwe

Pembentukan kampung KB di Negeri Silale, Nusaniwe. -EVA-

AMBON (info-ambon.com)- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Ambon membentuk dua Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Desa Nania Kecamatan Teluk Ambon Baguala dan Negeri Silale, Nusaniwe. Pembentukan Kampung KB dilaksanakan secara bertahap di 50 Desa dan Kelurahan di Kota Ambon.

“Pembentukan Kampung KB dilaksanakan sesuai program DPPKB, yakni, bangga kencana pembangunan keluarga kependudukan KB, maka kami mendapatkan target dari BKKBN pusat harus membentuk kampung KB di lima Kecamatan di Kota Ambon,” kata Kepala DPPKB Kota Ambon, Welly Patty kepada Info-ambon.com di Ambon, Selasa (20/6/2023).

Diakui, pembentukan Kampung KB di lima Kecamatan dianggap masih kurang, sehingga harus membentuk 20 kampung KB lagi.

Baca juga:Sekkot Pimpin Delegasi Pemkot Ikut APEKSI di Palembang

“Di tahun 2023 ini kita sudah membentuk 2 Kampung KB, masih kurang 20 Desa kelurahan di lima Kecamatan di Kota Ambon. Program ini harus dibentuk supaya ada intervensi program terkait di Dinas serta OPD untuk bersama-sama. Karena Kampung KB bukan hanya intervensi DPPKB saja tetapi merupakan kampung berkualitas, yang tujuannya akhirnya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa setempat melalui bangga kencana serta menuju norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera” terang Patty.

Terkait dengan tujuan akhir itu, lanjut Kadis, BKKBN pusat meminta DPPKB kota Ambon untuk membentuk 20 kampung KB lagi di tahun 2023 ini. “Pembentukan Kampung KB di tahun 2023, kami sementara berproses dari 50 Desa dan Kelurahan, kita sudah membentuk 22, ini diharapkan kita bisa menambahkan 16 Kampung KB lagi di lima kecamatan di Kota Ambon,” ujarnya.

Baca juga:Lokasi Wajar akan Dialihkan

Meskipun sudah penambahan pembentukan dua kampung KB di dua kecamatan tersebut, hal itu masih kurang, dan harus ditambahkan lagi. “Kenapa saya bilang kampung KB masih kurang, karena di setiap Kecamatan jumlah kampung KB-nya beda, terkadang satu desa dan Kelurahan terdapat 4 dan 5. Nah, dengan pembentukan Kampung KB di dua kecamatan ini, harapkan, dapat memberikan kontribusi peningkatan kualitas bagi masyarakat yang ada di desa,” Harap Patty.

Ditambahkan, dengan adanya pembentukan Kampung KB di Kecamatan Teluk Ambon Baguala dan Nusaniwe, bisa berdampak bagi tiga Kecamatan, di kota Ambon, yakni Sirimau, Teluk Ambon dan Leitimur Selatan (Leitisel). “Semoga dua Kampung KB yang baru bisa memicu 3 Kecamatan untuk segera membentuk juga,” tutup Patty. Diketahui, hingga saat ini terdapat 22 Kampung KB di Kota Ambon yang sudah terbentuk. (EVA)

Exit mobile version