DPP IKAPATTI Gelar Rakernas

Rakernas DPP IKAPATTI bahas program kerja.-dok-

AMBON (info-ambon.com)-Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Pattimura ( DPP IKAPATTI) periode 2021-2025 menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-1. Rakernas dengan sorotan tema ” solidaritas dan optimalisasi sumber daya IKAPATTI untuk membangun Negeri”, kegiatan dilaksanakan di Auditorium Unpatti Ambon, dan dibuka lansung Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Jumat (25/6/2021).

Wagub dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah daerah Provinsi Maluku harus bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan, serta memanfaatkan berbagai potensi sumber daya manusia Maluku termasuk juga bersama organisasi IKAPATTI.

“Saya sangat optimis dengan peran yang akan diemban oleh DPP IKAPATTI, mengingat potensi alumni Unpatti telah diakui dan berhasil menduduki jabatan-jabatan strategis baik di lembaga pemerintah maupun daerah, demikian juga pada dunia usaha dan swasta yang tentunya dalam memiliki kapasitas dan kapabilitas, serta memiliki berbagai pengalaman, yang mampu diimplementasikan menjadi pikiran-pikiran konstruktif, sebagai referensi bagi pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakan pembangunan di Provinsi Maluku,” ujarnya.

 

Dijelaskan saat ini terdapat beberapa kebijakan strategis pemerintah daerah yang merupakan wujud nyata optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan potensi wilayah provinsi Maluku dalam rangka pembangunan Indonesia, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Maluku. Yakni Lumbung Ikan Nasional (LIN) di Maluku merupakan salah satu kebijakan strategis dimaksud.

Untuk itu, lanjut Wagub, pihaknya meminta dukungan dari alumni Unpatti melalui DPP IKAPATTI untuk mendukung sepenuhnya langkah dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Harus termasuk menyiapkan dan membangun kekuatan sumber daya manusia alumni dan civitas akademika Unpatti yang berkualitas, unggul, beriman dan bertaqwa, berbudi pekerti luhur berkepribadian mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja,” jelas Wagub.

Sementara itu, Ketua IKAPATTI Muhamat Marasabessy dalam sambutannya menyampaikan, Rakernas ke-1 IKAPATTI tahun ini akan menjadi momentum kebangkitan IKAPATTI di Indonesia, dalam masa kepengurusan lima tahun ini, pihaknya bersama teman-teman akan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki untuk mendorong kemajuan di negeri.

“Sebagai alumni terbesar di Maluku, IKAPATTI siap menjadi lokomotif perubahan di negeri ini, dan akan memberi terobosan, kontribusi, pemikiran, serta bekerjasama dengan pemerintah maupun swasta dalam berbagai bidang,” jelasnya.

Oleh karena itu, munculnya IKAPATTI akan menjadi kekuatan bergaining buat Maluku dalam menjawab berbagai tantangan Global di Indonesia.

“Pembahasan Rakernas IKAPATTI akan bermunculnya program-program di bidang ekonomi pariwisata sosial politik dan energi serta isu-isu lainnya,” tutupnya.

Dalam pembukaan Rakernas juga Wagub mewakili IKAPATTI menyerahkan sumbangan kepada Masjid Gimelaha Majira Unpatti senilai Rp. 25 juta.

Rakernas dihadiri Dewan Pembina IKAPATTI Zeth Sahuburua, Rektor Unpatti Ambon M.J. Saptenno, Ketua KPU Maluku  Syamsul Rifan Kubangun, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan wakil Azis Sangkala, Sekkot Ambon A.G. Latuheru, Kadis Kominfo Maluku Semmy Huwae, Kadis Kehutanan Maluku Sadlie Lie.(EVA)

Exit mobile version