DPKP Ambon akan Periksa Kesehatan Hewan Qurban

Kepala DPKP Kota Ambon, Jhon Tupan.

AMBON (info-ambon.com)-Menjelang Hari Raya Idul Adha, 11 Agustus 2019, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Ambon menerjunkan 10 petugasnya untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Kepala DPKP Kota Ambon, Jhon Tupan kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (7/8/2019) menjelaskan, tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan membagikan sebanyak 47 hewan qurban, yakni 17 ekor Sapi dan 30 ekor Kambing kepada masyarakat.

“Kita akan  melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban itu, apakah layak atau tidak dikonsumsi oleh masyarakat yang menerima,” kata Tupan.

Menurutnya, 47 hewan yang akan di qurbankan yang pengadaannya oleh bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Ambon.

Pemeriksaan fisik dari hewan-hewan tersebut, untuk dapat diketahui apakah hewan itu sehat ataukah tidak untuk di qurbankan, dan kalau memang diduga ada hal-hal yang lain ditemukan akan diperiksa juga,” akuinya seraya menambahkan, pemeriksaan ini, rutin dilakukan pihaknya setiap tahun.

Pihaknya sementara melakukan kordinasi dengan Kesra untuk mengetahui keberadaan hewan qurban itu, untuk selanjutnya diperiksa.

Selain itu, petugas bidang peternakan juga nantinya akan melakukan pendampingan saat proses pemotongan, agar dapat memastikan daging yang diberikan adalah daging yang sehat dan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pemeriksaan antara lain, mata hewan, bentuk tubuhnya kurus atau gemuk, cacat atau tidak. Artinya penampilan fisiknya yang nantinya akan dilihat secara rinci,” cetusnya.

Dia meyakini, pengadaan ternak yang dilakukan oleh bagian Kesra akan sesuai dengan standar yang ditetapkan.(EVA)

Exit mobile version