Dorong Pelajar Menabung di Ambon, OJK dan Perbankan Gelar Cerdas Cermat

Cerdas cermat yang dilakukan OJK dan perbankan di Ambon. Wawali membuka kegiatan itu secara resmi, Rabu (4/9/2019).-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku dan perbankan laksanakan program Simpanan Pelajar (Simpel) di Maluku, untuk itu, bersama Pemerintah kota (Pemkot) Ambon mengelar lomba cerdas cermat tingkat SMP/MTs se-kota Ambon. Di dukung 11 Bank penyelenggara Simpel,”kegiatan yang dilakukan di Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara (BPDM), Rabu (4/9/2019).

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler dalam sambutannya menyatakan, lomba simpel ini dapat membuka wawasan masyarakat mengenai sektor jasa keuangan terutama bagi para pelajar SMP/MTs di Kota Ambon, dan memberikan motivasi bagi pelajar baik tingkat SD dan SMP untuk memiliki tabungan sendiri yang bermanfaat bagi masa depan.

 “Anak-anak di Kota Ambon harus di dorong sejak dini untuk menabung, karena dengan menabung, karena dengan menabung anak-anak akan berlatih untuk dapat mengelola keuangan secara bertahap, dan menjadi pribadi yang terampil dalam pengelolaan keuangan dan pada akhirnya akan mencapai kesejahteraan keuangan,”katanya.

Menurut Kepala OJK Provinsi Maluku, Bambang Hermanto, sebagai bentuk implementasi terhadap keputusan Presiden Republik Indonesia No.26 tahun 2019 tentang hari Indonesia menabung, serta surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI No.5811/D/HK/2019 tentang simpanan pelajar, juga merupakan bagian dari bentuk dukungan OJK Maluku terhadap surat edaran Walikota Ambon No.580/07/SE/2019 tentang pelaksanaan Simpel Sekolah dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kota Ambon tahun 2019.

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-444 Kota Ambon tahun 2019, yang diikuti 42 SMP/Mts dari 59 SMP/MTs di Koa Ambon. “Babak penyisihan yang sudah di gelar pada 3 September 2019 di Kantor BPD Maluku dan Maluku Utara serta di BRI telah menghasilkan 9 SMP/Mts yang ikut bertanding di babak semifinal dan final pada hari ini (4 September 2019) di BPD Maluku dan Malut, dalam kesempatan ini juga dilakukan simbolis penyerahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Bank penyelenggara SIMPEL dan Kepala Sekolah pelaksana SIMPEL, serta pembukaan rekening baru Simpel,”katanya.

Dikatakan, lomba ini sangat bermanfaat, karena di dapat difasilitasi proses pembelajaran lansung dari siswa melalui buku pelajaran mengenal OJK dan LJK. Materi dalam buku tersebut menjadi bahan ajar dari kurikulum 2013 dan bahan ujian nasional dalam mata pelajaran ekonomi tingkat SMP/MTs. Sedangkan pembelajaran lansung, siswa dapat mempraktilan pengelolaan keuangan sejak dini melalui SIMPEL.

 “SIMPEL merupakan salah satu perhatikan OJK Maluku dan menjadi program utama tim percepatan akses Keuangan Daerah (TPKAD) Provinsi Maluku,”jelas Bambang. OJK memberikan apresiasi kepada Pemkot Ambon yang telah mengeluarkan surat edaran terkait dukungan terhadap percepatan peningkatan inkusi keuangan di Kota Ambon pada umumnya.(EVA)

Exit mobile version