DLHP Ambon Kewalahan Atasi Sampah Kulit Durian dan Kulit Kelapa

Sampah kulit duren di Ambon.

AMBON (info-ambon.com)-Dalam sehari, Pemerintah Kota (Pemkot) dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) setiap hari mengakut sampah kulit durian dan kulit kelapa 25 ton per hari. “Setiap hari kita mengangkut sampah kulit durian mencapai 25 ton. Kami menyiapkan 23 mobil pengangkut sampah,” Kepala DLHP Kota Ambon, Alfredo Hehamahua kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Jumat (14/4/2023).

Dijelaskan, tumpukan sampah kulit durian dibeberapa sudut di Kota Ambon. Tapi yang paling banyak itu di Pasar Mardika dan depan City Mall (MCM). “Setiap hari petugas kita itu mengangkut dua ton sampah khusus kulit buah durian dari kawasan-kawasan seperti dikawasan Mardika, depan Maluku City Mall (MCM), Passo, Waiheru, dan Wayame menjadi sentra penjualan durian,” ujarnya.

Banyaknya kulit durian hingga kontainer sampah maupun lokasi penampungan sementara tidak mampu menampung sampah khusus kulit durian. “Kita punya armada angkut sampah itu 23 unit, bayangkan angkat sampah sebanyak itu,” cetusnya.

Dijelaskan, hampir setiap hari pihaknya mengakut 25 ton sampah dari berbagai kawasan tersebut. “Setiap hari dan jam itu petugas kita kerja keras untuk mengangkut sampah kulit durian. Kalau tidak maka pasti kontainer maupun TPS kita tidak mampu tampung,” terangnya.

Untuk itu, Kadis mengimbau, para pedagang agar bisa membantu petugasnya dengan menampung kulit buat durian ditempat-tempat yang disediakan. “Kita juga minta pedagang maupun warga yang makan durian untuk selalu menjaga kebersihan di lokasi-lokasi yang menjadi tempat jualan mereka, dengan tidak menghamburkan kulit durian,”pintanya. Selain sampah kulit durian, DLHP juga mengangkut sampah kulit kelapa muda. Yang sampah nya hampir sama banyak dengan sampah kulit durian. (EVA)

Exit mobile version