DLHP Ambon Angkut 144 Ton Sampah di Kawasan Air Besar

Timbunan sampah di Air Besar Ambon yang selalu menjadi masalah rutin.-dok-

AMBON (info-ambon.com)-Dinas Lingkungan Hidup Persampahan (DLHP) Kota Ambon kembali mengangkut 144 ton sampah di Kawasan Air Besar, Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau pada 10-11 Agustus 2022.

“Pengangkutan sampah menggunakan 15 unit dam truk dan 4 unit amrol, jumlah sampah yang berhasil diangkut itu sekitar 144 ton terdiri dari 1 unit dam truk mengangkut sampah 8 ton, dan dikalikan dengan 15 unit, ditambah dengan 1 unit amrol berisikan 6 ton, dikalikan dengan 4 amrol,” jelas Sekretaris DLHP Kota Ambon, Hairun Tunny kepada wartawan di Ambon, Kamis (11/8/2022).

Dijelaskan, untuk hari ini, pihaknya mengarahkan 15 mobil dam truk dan 4 amrol, untuk membersihkan seluruh tumpukkan sampah tersebut.

Dikatakan, pihaknya mengarahkan seluruh petugas dan armada untuk membersihkan tumpukan sampah dikawasan tersebut.

“Pembersihan tumpukan sampah ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan dalam kurun waktu 5 bulan,” terang Tunny.

Tercatat pembersihan pertama kawasan tersebut dipimpin oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse pada April 2022. Selanjutnya pembersihan kedua pada bulan Juni lalu dipimpin oleh Pj. Wali Kota, Bodewin M. Wattimena bersama Pengurus Besar AMGPM.

Diakui, pembersihan tumpukkan sampah di kawasan Air besar merupakan perintah dari Penjabat Wali Kota.

“Sesuai perintah dari pak Penjabat Wali Kota, maka sejak kemarin dan hari ini kita kembali melakukan pembersihan terhadap tumpukan yang ada dikawasan Air besar ini,” ujar dia.

Ditambahkan, pihaknya akan mengupayakan agar tumpukan sampah yang ada di Air Besar ini bisa diangkut dan dibersihkan hingga tuntas.

“Kita akan memaksimalkan kekuatan yang kita miliki untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada ini,” tutup dia.

Selain DLHP, Pengangkutan sampah di Arbes ini juga melibatkan Dinas PUPR dan Sat Pol PP Kota Ambon. (EVA)

Exit mobile version