DKP Ambon Targetkan PAD Rp800 Juta

Steven Patty

AMBON (info-ambon.com)-Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kota Ambon menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2019 sebesar Rp800 juta. Hal ini disampaikan Kepala DKP Kota Ambon Steven Patty kepada wartawan di Balai kota Ambon, Senin (14/10/2019).

“Ditargetkan PAD sebesar Rp 800 juta, dan kami berharap hingga Desember nanti, bisa mencapai target,”ujar dia.

Menurutnya, pendapatan dinas perikanan lebih banyak berasal dari soal kelola aset dan retribusi tempat pelelangan ikan yang berada di pasar. “Untuk tempat pelelangan ikan, itu bisa mencapai 60 persen dari target kami, sehingga kami sangat yakin bisa mencapai target PAD tahun ini,”jelas Patty.

Dikatakan, untuk mendapatkan target tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) mengalami kendala terkait retribusi swakelola aset yang dikelola oleh pihak ketiga. Disebutkan, pembayaran retribusi swakelola aset biasanya baru bisa diketahui ketika mendekati akhir tahun.

Selain itu, untuk mendapatkan PAD yang besar mereka juga memanfaatkan budidaya ikan, karena saat ini potensi budidaya ikan mereka hampir masuk disemua rumah makan dan restauran di Kota Ambon. “Untuk retribusi tempat pelelangan, aset biasanya dalam setahun bisa melebihi dari target,”tutup dia.(EVA)

Exit mobile version