Disnaker Ambon Bentuk Tim Seleksi Naker ke Australia

Kepala Dinas Naker Ambon, G I S Soplanit .-fm-

AMBON(info-ambon.com)-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ambon membentuk tim kecil untuk melakukan seleksi terhadap 83 tenaga kerja (Naker)  yang akan diberangkatkan ke Australia, hasil kerjasama dengan Global Labour Solution (GLS).

Kepala Dinas Naker Ambon, G I S Soplanit kepada info-ambon.com, Senin (15/7/2019) di Ambon sebutkan, tim yang disusun dinas tersebut, terdiri atas para pakar yang terkait dengan bidangnya dan akan di-SK-kan oleh Walikota Ambon.

‘’Nama-nama anggota timnya sudah ada. Mereka 5 orang, kami akan sampaikan ke walikota untuk dipertimbangkan selanjutnya jika disetujui dikeluarkan Surat Keputusan (SK),’’ katanya.

Tanpa menyebut siapa-siapa yang terakomodir dalam tim, namun Soplanit sampaikan, tim ini terdiri dari kalangan akademisi, asosiasi profesi bahkan psikiater serta pakar bahasa Inggris sesuai yang ditentukan oleh GLS.

Menurutnya, 83 naker asal Ambon ini semuanya sudah lolos seleksi administrasi, sehingga jika mereka lolos seleksi yang dilakukan tim yang akan dibentuk ini, maka mereka langsung diberangkatkan ke Australia. ‘’Setelah tim ini mendapat SK dari Walikota Ambon, maka langsung dilakukan seleksi lanjutan. Dan berapapun yang lolos, langsung diberangkatkan,’’ tegasnya.

Menurutnya, yang paling penting terkait kelulusan naker adalah menyangkut bahasa serta kesehatan. Serta tentunya juga lolos psikotes. ‘’Untuk kesehatan mereka harus dinyatakan bebas TBC dan Hepatitis,’’ papar Soplanit.

Karena soal bahasa Inggris adalah sesuai standar GLS, maka factor ini sangat penting untuk kelulusan seseorang dan diberangkatkan ke Australia. ‘‘Jadi untuk tahap awal, berapapun yang lolos akan langsung diberangkatkan, sambil terus melakukan seleksi sampai kuota terpenuhi sesuai kesepakatan dengan GLS,’’ katanya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kerjasama dengan Global Labour Solution yang berkedudukan di Australia, akan menerima tenaga kerja asal Kota Ambon yang memiliki ijasah S1 maupun D3 keperawatan untuk di didik dan di untuk bekerja di Australia sebagai tenaga perawat bagi Lanjut Usia (Lansia) di Australia. (PJ)

Exit mobile version