Dishub Ambon Akan Uji Coba Penerapan Parkir Sistim Dua Jalur

Kadishub Ambon, Robby Sapulette.

AMBON (info-ambon.com)– Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon akan menerapkan parkir sistim dua jalur, tahun 2023 Dishub juga akan melakukan pengelolaan parkir menggunakan sistim digital di kawasan jalan A.Y. Patty dan AM. Sangadji.

Kepala Dinas Perhubungan kota Ambon, Robby Sapulette, mengatakan pihaknya bakal melalukan uji coba penerapan parkir gunakan sistem di dua ruas jalan di kota Ambon. “Penerapan pengelolaan parkir uji coba itu akan dilakukan pada kawasan stategis khususnya jalan A.Y Patty dan jalan AM Sangaji, transaksi parkirnya tidak lagi tunai tetapi dengan sistem digital,” jelasnya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (18/10/2022).

Menurutnya, tata kelola parkir menggunakan sistem aplikasi tersebut, merupakan kerjasama antara pemerintah kota dalam hal ini Dinas Perhubungan dengan Bank Maluku. Rencananya akan launching di tahun 2022 akhir November. Dan Januari sudah memberlakukan sistem parkir non tunai. Kedepan sistem pelayanan parkir elektronik atau akronimnya papalele sudah tidak ada lagi, parkir manual seperti sekarang tetapi harus digital. “Jadi dari November sampai Desember kami tetap sosalisasi terus kepada masyarakat. Sehingga Januari itu tinggal kita terapkan,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah nanti masyarakat menerima, Sapulette menegaskan, ini merupakan program literasi digital nasional. Sehingga parkir gunakan sistem digital harus laksanakan. Selain itu, lanjut Sapulette, Ambon sebagai kota smart city, dengan sistem pembayaran masih seperti manual, Pemkot segera mengambil langkah agar ada perubahan atau inovasi berkaitan dengan proses digitalisasi.

“Diperhatikan rata-rata pengguna handphone sekarang ini sudah menggunakan handphone android. Jadi layanan perhubungan itu diperkirakan sampai dengan tahun 2024 sudah tidak lagi manual tapi pakai sistem digital semua,” jelasnya. Diakui, dengan gunakan sistim non tunai sudah tidak ada lagi campur tangan pihak ketiga. Karena langsung dikelola oleh pemerintah kota “Karena lebih transparan dengan sistem seperti ini. Tapi ini masih uji coba ke beberapa ruas jalan,” demikian Sapulette. (EVA)

Exit mobile version