Dinsos: ODGJ Harus Ada Perhatian Keluarga

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon, Nurhayati Jasin.

AMBON (info-ambon.com)-Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon, Nurhayati Jasin, menyampaikan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) disarankan meminum obat setiap hari. Pasalnya, satu hari tidak minum obat, penyakitnya bakal kambuh kembali serta perlu ada kerjasama antara Dinsos dan pihak keluarga.

“ODGJ berbeda dengan penyakit lain, karena itu, mereka harus meminum obat seumur hidup. Karena kalau penyakit lain kita kasih obat lalu dia sembuh. ODGJ harus di rawat di rumah sakit, setelah dia sudah sembuh dibekali dengan obat kita pulangkan ke keluarga,” kata Nurhayati Jasin kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (30/6/2022).

Menurut Jasin, pihak Dinsos tidak mungkin setiap hari kasih minum obat buat ODGJ. Karena tugas Dinsos hanya merehabilitasi.

“Kita dari Dinsos tidak mungkin tiap hari kasih minum obat. Ini harus ada kerjasama dengan keluarga. Pada saat mereka tidap minum obat penyakit jadi lagi,” ujarnya

Ia mengakui, dari data Dinas Sosial ada sekitar 30 orang yang ditangani untuk direhabilitasasi, tapi kalau dia masih sakit bukan dinas sosial punya tanggung jawab

“Ini tanggungjawab dinas kesehatan, dinas sosial hanya merehabilitasi sesudah dia pengobatan. Cuma karena keluarga kasih tinggal dan tidak minum obat, dia bakal kambul lagi. Dia harus minum obat seumur hidup,” bebernya.

Selain itu, pantauan kami di lapangan,  terdapat ODGJ yang masih berkeliaran di jalan, masyarakat resah dengan hal ini. Karena takut penyakit mereka bakal merugikan orang lain. (EVA)

Exit mobile version