Dinsos Ambon Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Tantui

AMBON (info-ambon.com)- Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran pada kawasan Kapahaha, Tantui RT/RW 003/02 Kelurahan Pandan Kasturi, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Plt Kadinsos Kota Ambon, Enrico Rudolf Matittaputty mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan peralatan masak dan bantuan sosial kepada para korban kebakaran dikawasan Kapahaha.

“Setelah 3 hari kita berikan bantuan makan siap saji, maka dilanjutkan dengan bantuan peralatan masak dan bantuan sosial lain berupa mie instan, beras, kemudian tikar dan bantal,”katanya kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (3/10/2023).

Dijelaskan, setelah bantuan tersebut diberikan, maka masa tanggap darurat untuk peristiwa kebakaran di wilayah tersebut usai.

“Selesai penanganan kami, untuk dana stimulan bagi para korban itu, akan di proses melalui pentahapan yang ada. Namun disamping masih menunggu SK pak Penjabat Wali Kota Ambon,”jelasnya.

Diakui, penanganan korban kebakaran dikawasan Kapahaha itu menjadi tanggungjawab Pemerintah Kota Ambon, sebab hanya dibawa 10 unit rumah.

“Kalau diatas 10 unit itu tanggungjawab Pemerintah Provinsi, kalau dibawa 10 maka tanggungjawab kabupaten/kota nah di Kapahaha itu tanggungjawab Pemkot, termasuk penyiapan dana stimulan untuk pemilik tujuh unit rumah yang terbakar itu,”tandasnya.

Mattitaputty mengakui, Dinsos sendiri telah membuka dapur umum pasca kebakaran guna membantu para warga yang rumahnya alami musibah tersebut.

“Untuk sementara ini Dinas Sosial, sudah menyiapkan dapur umum, dan memberikan makanan siap saji kepada para warga korban kebakaran selama tiga hari kedepan, pasca musibah itu terjadi,”katanya.

Kebakaran tersebut menghanguskan tujuh unit rumah, 13 Kepala Keluarga dengan 56 jiwa harus menempati tempat pengungsian yang dipusatkan di aula Masjid Ukhuwah Kapaha. (EVA)

Exit mobile version