Dinkes Ambon: Waspadai Penyakit Akibat Dampak Lingkungan

Kadis Kesehatan, Wendy Pelupessy.

AMBON (info-ambon.com)-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta kepada masyarakat di Kota Ambon untuk mewaspadai penyakit lingkungan. Mengingat kondisi dan curah hujan yang begitu tinggi, sehingga menyebabkan genangan air, tanah longsor, banjir terjadi di Kota Ambon.

Dengan begitu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap penyakit-penyakit yang bersumber dari lingkungan, seperti demam berdarah, malaria, flu, leptospirosis, tipis dan penyakit kulit.

“Untuk masyarakat yang sakit atau alami musibah yang menyebabkankan membutuhkan penanganan medis, kami telah membuka posko pengaduan bencana di seluruh Puskesmas di Kota Ambon,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (11/7/2022).

Dikatakan, seluruh Puskesmas pada wilayah kerja masing-masing dikerahkan untuk membuka posko bencana.

“Jadi misalnya 2 atau 3 Kelurahan di bawah satu Puskesmas. Kalau ada yang sakit atau butuh penanganan, tetap akan  di tindaklanjuti tenaga-tenaga medis yang bertugas,”jelas Pelupessy.

Oleh karena itu, lanjut Kadinkes, menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati, jaga kebersihan lingkungan dan kesehatan pada musim penghujan ini.

“Masyarakat banyak berhati-hati, karena cuaca tidak menentu, kadang panas juga hujan, sehingga menimbulkan penyakit,” demikian Pelupessy.(EVA)

Exit mobile version