Dinkes Ambon: Waspada DBD di Musim Pancaroba

AMBON (info-ambon.com)-Memasuki musim pancaroba saat ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon Wendy Pelupessy menghimbau kepada seluruh warga kota untuk mewaspadai berbagai gejala penyakit terutama Demam Berdarah Dengue (DBD).

Memang diakui, sejak bulan Juni ini, Dinkes belum mendapatkan laporan terjadi kasus DBD, namun pihaknya juga tetap akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyakit DBD

 “Musim pancaroba, dimana panas sebentar habis itu hujan, nah ini musimnya DBD, maka perlu diwaspadai. Oleh karena itu, masyarakat harus miliki kesadaran untuk bersihkan lingkungan mereka,” katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (19/6/2019).

Dikatakan, jika musim hujan tetap berlangsung, dipastikan tidak akan ada jentik-jentik nyamuk, begitu pun pada musim panas.

“Memang musimnya seperti itu, jika hujan terus menerus, tidak ada masalah, karena jentik-jentik nyamuk terbawah air hujan, kalau kondisi seperti ini media penampungan air ada, seperti ban bekas itu jadi salah satu media bagi jentik nyamuk untuk bersarang,” ujarnya.

Untuk itu, kata Pelupessy, pihak puskesmas diharapkan untuk selalu menghimbau kepada masyarakat agar selalu melakukan pembersihan lingkungan serta memberikan penyuluhan dan sebagainya.

Namun, itu semua kembali ke masyarakat, walaupun pemerintah sudah sampaikan penyebab DBD dan cara pencegahannya, tetapi jika tidak dilakukan, maka akan bisa berakibat fatal. (EVA)

Exit mobile version