Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Bimtek Arsip Dinamis

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Ambon, Petra Pattiasina.

AMBON (info-ambon.com)-Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Ambon menggelar Bimbingan Teknis arsip dinamis. Kegiatan ini dilakukan secara virtual, Selasa (22/9/2020) yang diikuti 47 peserta yang terbagi 37 peserta berasal dari SKPD Pemkot Ambon, dan 10 peserta lainnya dari Kantor Kecamatan.

Koordinator Kelompok Penyelenggara Kearsipan Daerah Wilayah 1, Dwi Durmaningsih memberikan apresiasi setinggi-tinggi atas upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang kearsipan.

“Apresiasi yang tinggi kepada Dinas Perpustakaan dan kearsipan kota Ambon yang telah berupaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang kearsipan, walaupun di Kota Ambon belum memiliki arsiparis,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan, Petra Pattiasina menambahkan, untuk arsip dinamis masing-masing dinas bisa mengelola arsip dengan baik, sehingga dengan ketentuan perundang-undangan akan di serahkan ke arsip dinamik di atas 10 tahun.

“Jadi awalnya setiap dinas menyerahkan arsipnya begitu-begitu saja, tetapi sekarang tidak bisa lagi, memang beberapa tahun ini sudaj dilaksanakan tetapi tergantung masing-masing dinas, sudah disampaikan dari narasumber dari pusat untuk para pimpinan diberikan pemahaman untuk bisa mengetahui tentang manfaat arsip, sehingga ada kelanjutan kedepan akan dilakukan sosialisasi manfaat arsip COVID dan arsip Jokowi-JK,”jelasnya.

Untuk itu, Pattiasina mengharapkan setelah selesai Bimtek para pengelolah-pengelolah arsip masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat melaksankan dan mengikuti kegiatan ini dapat bisa mengelolah arsip di masing-masing OPD. Supaya arsip ini tidak lagi dianggap sebagai dokumen yang hanya di susun begitu saja, tetapi dokumen-dokumen ini dapat di simpan dan di susun dengan baik.

“Diharapkan untuk pengelolah arsip yang mengikuti kegiatan bisa berinovasi aktif dan bisa menata arsip dengan caranya sendiri supaya arsip tertata dengan baik di ruangan meskipun ruangan itu sempit,”Harap Pattiasina.

Dalam Bimtek arsip secara Virtual menghadirkan dua narasumber yakni Koordinator Kelompok Penyelenggara Kearsipan Daerah Wilayah 1, Dwi Durmaningsih, dan arsiparis madya Rini Susilowati.(EVA)

Exit mobile version