Dinas Pendidikan Perkuat Edukasi Mitigasi Bencana bagi Sekolah di Ambon

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan kota Ambon, John Sanders.

AMBON (info-ambon.com)-Kota Ambon masuk pada zona merah gempa di Maluku, Dinas Pendidikan terus melalukan edukasi mitigasi bencana di Sekolah-sekolah.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan kota Ambon, John Sanders mengatakan,

edukasi mitigasi bencana mereka tetap jalan. Dinas Pendidikan kota Ambon melakukan sosalisasi terus, mereka tidak boleh lemah terhadap bencana alam ini.

“Kita berada dalam zona merah gempa. Kemarin kita sudah sosalisasi ke sekolah  SD Tantui 32 dan SD Passo, ini yang jadi proitas untuk pengetahuan karena mereka masuk daerah rawan bencana khusunya gempa,”katanya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (28/9/2021).

Dijelaskan, implementasi terhadap sekolah kesiapan bencana terus berjalan dari waktu ke waktu. Karena hal yang harus dilakukan pemcegahan sedini mungkin adalah gempa tektonik.

“Kita tidak tahu kejadian alam ini kalau dia terjadi pas jam sekolah maka kita akan kesulitan besar, dan terjadi korban begitu banyak kalau anak-anak kita tidak terbiasa untuk melantih sekolah kebiasan untuk mengatasi berada dalam musiba gempa,”ujar Plt Kadis.

Dilanjutkan, beberapa sekolah  sudah lakukan kebiasan-kebiasaan mitigasi. Bagaimana guru dan siswa evakuasi diri ke tempat yang aman.

“Jadi bagaimana guru dan siswa siaga bencana itu lalu tempat evakuasinya dimana lokasi evakuasi dari kelas-kelas ke halaman sekolah ke tempat yang aman itu sudah di atur, ini sangat penting sekali,”bebernya. (EVA)

Exit mobile version