Dinas Koperasi Tetap Dampingi UKM di Ambon untuk Akses Modal

AMBON (info-ambon.com)-Sebanyak 86 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Ambon, mendapatkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ambon. Usulan KUR sebesar  Rp1.702.000.000, sementara total realisasi nilai KUR yang diperoleh Rp1.324.000.000.

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi Kota Ambon, Piet Paliama di Ambon, Selasa (18/6/2019) mengatakan, data ini merupakan laporan Pendampingan KUR di Kota Ambon Posisi 31 Desember 2018.

Dengan pemikiran masyarakat yang selalu bervariatif terhadap KUR, maka Dinas Koperasi (Dinkop) Kota Ambon tetap eksis memberikan sosialisasi dengan menggandeng pihak perbankan kepada masyarakat di 5 kecamatan yang ada di Ambon.

Menurutnya, pihaknya memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan pendampingan, dorongan kepada mereka agar dapat memanfaatkan seluruh fasilitas-fasilitas permodalan yang telah disiapkan pemerintah maupun non pemerintah.

Dijelaskan, pendampingan yang dilakukan adalah penyiapan UKM untuk memperoleh fasilitas KUR, pembinaan usaha, pembinaan manajemen keuangan usaha, memfasilitasi UKM dengan perbankan, pembinaan lanjutan pasca penerimaan KUR untuk pengembangan usaha, pendampingan untuk pengembalian pinjaman. “Jadi kita tidak lepas tangan namun selalu melakukan pendampingan kepada mereka,”tukasnya.

Untuk tahun 2019, lanjutnya,  sampai saat ini belum ada laporan dari tenaga pendamping KUR bagi masyarakat di Kota Ambon. Setiap  tahun DinKop selalu menggandeng pihak perbankan untuk memberikan sosialisasi di semua kecamatan di Kota Ambon.

“Kita sudah buat sosialisasi di bulan April, dan setiap tahun sosialisasi KUR ini selalu kita laksanakan dengan Bank BRI, dan mulai tahun ini, kami juga menggandeng Bank Mandiri untuk hal yang sama,’’ tandasnya. (EVA)

Exit mobile version