Di Tengah Pandemi COVID-19, Pemkot Ambon Tetap Gelar Halal bi Halal

Gelaran Halal bi Halal Pemkot Ambon yang dilaksanakan secara virtual pagi tadi.-FM-

AMBON(info-ambon.com)-Ditengah Pandemi Corona Virus atau COVID-19, tidak menyurutkan niat pemerintah kota Ambon untuk menggelar acara Halal Bi Halal, sebagai suatu ritual keagamaan yang sangat penting bagi pemerintah dan masyarakat Ambon. Meski di gelar secara virtual, namun tidak mengurangi nilai atau makna Halal bi Halal itu sendiri.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy, dalam sambutannya di acara itu sebutkan, menghadapi situasi seperti saat ini, maka kita harus terus berpengharapan kepada Tuhan, dan mengandalkan Tuhan dalam langkah kerja kita.

Diakui, Pemkot Ambon laksanakan lagi Halal bi Halal 2020 ini, agak beda pelaksanaannya karena situasi dan kondisi, sebab harus memanfaatkan teknologi informasi sebagai bagian dari upaya jaga jarak memerangi Pandemi COVID-19 ini.

Namun diakui, walau secara virtual, namun pengikut acara ini luar biasa banyaknya. ‘’Tiap unit kerja ikuti pada lokasi yang ada, sehingga jumlah ASN dan masyarakat yang ikut virtual Halal bi Halal ini, mencapai 1600-1800 ASN,’’ katanya.

Halal bi Halal yang kita laksanakan tiap tahun, lanjutnya, bukan kebiasaan dan bukan untuk dapat pujian. ‘’Kita lakukan hal ini, karena makna yang terkandung sangat berdampak besar dalam membangun kesatuan dan persatuan serta kekompakan dalam bekerja,’’ jelasnya.

Menurutnya, keluarga yang kecil saja, sering terjadi konflik, apalagi dalam lingkup yang besar misalnya institusi, daerah maupun bangsa dan negara. ‘’Kalau tidak diatur dengan baik, maka bisa saja berdampak pada keretakan keutuhan itu sendiri. Dan Halal bi Halal ini, salah satu bagian untuk menyatukan perbedaan sebagai sesama anak bangsa. Susbtansi acara ini adalah merajut kembali kebersamaan dan persaudaraan, ‘’ kata Louhenapessy.

Penyelenggaraan ini sangat urgen dalam upaya membangun upaya kesatuan dan persatuan, juga tidak terlepas dari implementasi untuk jadikan Ambon kota yang harmonis. Olehnya, penyelenggaraan halal bi Halal maupun Natal, selalu dihadiri seluruh pegawai dengan tidak memandang agama, suka dan ras.

Pelaksanaan kali ini, tambah Louhenapessy betul-betul untuk tingkatkan kualitas iman kita dan diharapkan dapat bermuara kepada kesejahteraan warga dan masyarakat Ambon.

Pencerahan rohani ini akan mengilhami dan menginspirasi kita menghadapi situasi yang special yang sementara dihadapi ini.

Panggung utama Halal bi Halal ini dipusatkan di kantor RRI Ambon dan dilaksanakan dengan mengusung tema Merajut harmoni dan Kebersamaan, dalam melayani masyarakat kota Ambon, di tengah Pandemi COVID-19.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kabagkesra) Kota Ambon Fenly Masawoy mengungkapkan, Halal bi Halal Pemkot Ambon ini menghadirkan Dr. H. Das’ad Latif, S.Sos S.Ag yang merupakan Da’i kondang asal Makassar dan juga group musik Lasqi Kota Ambon serta di hibur oleh para juara vokalis Lasqi tingkat nasional asal kota Ambon. (PJ)

Exit mobile version