Desa Poka Siap Ramaikan Pesta Pilkades Serentak 2022

Penjabat Kepala Desa Poka, Erick Van Room.

AMBON (info-ambon.com)-Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon siap ramaikan pesta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serantak tahun 2022 pada 7 April 2022 mendatang.

Penjabat Kepala Desa Poka, Erick Van Room mengatakan, Daftar Pemilih Sementara (DPS) Desa Poka telah diumumkan sebanyak 3.417 pemilih, data tersebut bersumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, yang merupakan data pemilu 2019 lalu.

“Saat ini panitia Pilkades, Desa Poka saat ini telah resmi mengumumkan DPS. Setelah pengumuman DPS, panitia pilkades melakukan pencocokan data sesuai dengan DPS tersebut. Dalam pencocokan data itu, apabila ditemukan ada warga yang namanya tidak ada dalam DPS maka, akan diakomodir sebagai daftar pemilih tambahan,” katanya, Selasa  (29/3/2022).

Dijelaskan, setelah pencocokan data dilaksanakan, dari DPS dan daftar pemilih tambahan, panitia akan menggabungkan sehingga ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Poka.

Dikatakan, Pemerintah Desa Poka telah mendapatkan Peraturan Walikota (Perwali) Ambon Nomor 08 tahun 2022 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Antar Waktu.

“Perwali itu baru diberikan kepada panitia pilkades jumat kemarin, sehingga mereka sudah rapat dan memutuskan untuk mengumumkan DPS hari ini dan membuka pendaftaran calon pilkades dari sabtu kemarin,” jelas Vaan Room.

Untuk pendaftaran, lanjut Van Room, calon kades akan dibuka selama empat hari kerja, yaitu, Sabtu dan Senin, Selasa dan Rabu.

“Warga yang namanya masuk sebagai daftar pemilih tambahan, datanya kependudukannya harus disesuaikan dengan syarat yang tertuang dalam Perwali tersebut. Karena panitia ini bekerja sesuai dengan aturan yang ada dalam Perwali tersebut,” jelasnya.

Pemerintah Desa Poka, sudah berkordinasi dengan panitia pilkades untuk melaksanakan proses pentahapan Pilkades tersebut dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang ada pada Perwali.

“Atas nama penjabat Kepala Desa Poka, saya mendukung penuh kerja panitia. Saya juga menghimbau kepada seluruh warga Desa Poka yang ingin mencalonkan diri sebagai kades, silahkan untuk mendaftarkan diri dan melalui semua mekanisme pendaftran serta mengikuti prosesnya sesuai Perwali tersebut,”demikian Van Room. (EVA)

Exit mobile version