Dapil II Tunggu Penetapan, Demokrat Lambung PKB

Bendera Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)-web-

AMBON(info-ambon.com)-Perhitungan panjang dan melelahkan di Panitia Perhitungan Kecamatan (PPK) Sirimau, khususnya Daerah Pemilihan II (Hative Kecil, Galala, Pandan Kasturi dan Batumerah) akhirnya tuntas tadi malam, Senin (13/5/2019).

Delapan Partai Politik (Parpol) membagi secara merata 8 kursi yang dialokasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dapil tersebut. Menariknya, penentuan siapa parpol pemilik kursi terakhir, baru diketahui setelah dilakukan bedah kota salah satu TPS di Batumerah.

Dari bedah kota tersebut, suara Partai Demokrat langsung melejit meninggalkan pesaingnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dengan demikian, pemilik kursi terakhir dari dapil tersebut adalah Partai Demokrat.

Beberapa saksi parpol yang dihubungi info-ambon.com siang tadi di Sport Hall, Karang Panjang Ambon siang tadi, Selasa (14/5/2019) mengakui, perhitungan melelahkan dan panjang di dapil II khususnya seluruh TPS di negeri Batumerah, tuntas sudah.

Dari data yang mereka rekap, pemilik kursi disana adalah dari 8 parpol masing-masing Golkar, PPP, Gerindra, PKS, Nasdem, Hanura, Perindo dan Demokrat. Walau sehari sebelumnya, kursi ke-8 itu masih milik PKB.

Masuknya Partai Demokrat di kursi ke-8 setelah dilakukan bedah kotak pada TPS 120 dan 122 di Batumerah, dimana ada suara PKB yang terkoreksi signifikan sehingga turun dan ada penambahan di PPP. Dengan terkoreksinya angka PKB tersebut, maka suara Demokrat tetap diatas.

Dengan itu pula, maka Demokrat dipastikan meloloskan calegnya dari Dapil II bersama 7 parpol lainnya yang sudah lebih dulu memastikan perolehan kursi berdasarkan berbagai hitung cepat serta juga hitung manual yang dilakukan selama ini. (PJ)

Exit mobile version