Dana Desa Tahap I Cair Lebih Awal, Pj Walikota Ambon: Ini Sebuah Prestasi Baru

Pj Walikota Ambon, Bodewin Wattimena.

AMBON (info-ambon.com)- Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) pertama kali mencairkan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2023 dengan Pagu DD sebesar Rp. 30.480.85.000 bagi 30 Desa/Negeri di Kota Ambon.

Pihaknya menyebutkan ini merupakan satu prestasi baru. Dimana, pencairan DD tahap pertama telah dilakukan pada awal Februari 2023 lalu. DD dialokasikan lewat Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN).

“Pencairan DD di Kota Ambon lebih di awal tahun, kita mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Maluku. Selain itu, saya memberikan apresiasi kepada kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) dan seluruh jajaran beserta seluruh kepala Desa, Raja, seluruh Saniri, dan BPD, telah bekerja keras serta bekerjasama untuk menyiapkan dokumen desa/negeri sehingga 30 Desa sudah terima DD,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin, (20/2/2023).

Pencairan DD lebih awal, Wattimena berharap, pembangunan sudah bisa dilaksanakan. “Kita berharap, dampaknya nanti seluruh Desa/Negeri sudah bisa berproses pembangun membantu dalam rangka, uang di masyarakat sehingga perekonomian kota Ambon tahun ini,” ujarnya.

Oleh karen itu, pihaknya berharap,, 30 Desa yang telah mendapatkan DD dapat mempertahankan sampai tahun depan.

Sebelumnya, Kepala DP3MD Kota Ambon, Meggy Lekatompessy menyebutkan, realisasi DD Tahun 2023 di Kota Ambon, capai 100 persen. Dengan realisasi tersebut membuat Kota Ambon, mendapatkan penilaian yang positif dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) maupun Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal RI. (EVA)

Exit mobile version