Cegah Covid19, Dinkes Ambon Bangun 50 Pos Kesehatan

Kadis kesehatan Kota Ambon, drg Wendy Pelupessy, M.Kes.

AMBON (info-ambon.com)-Untuk mengantisipasi masuknya wabah covid-19 di Desa/Negeri, dan Kelurahan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon membangun pos kesehatan di 50 desa kelurahan, untuk setiap pos telah ada gugus tugas masing-masing.

“Untuk setiap pos kesehatan itu, sudah ada gugus tugas dari tingkat desa hingga kelurahan, di setiap gugus tugas kelurahan itu ada gabungan dari RT/RW termasuk petugas dinas kesehatan, tetapi kita punya pos induk itu ada di Dinas kesehatan, untuk klaster kesehatannya’’kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada Info-ambon.com, di Balai Kota Ambon,  Sabtu (18/4/2020).

Disebutkan, misalnya kalau ada kasus baru, petugas akan bergerak ke pos induk, setelah itu baru dari pihak puskesmas meninjau mereka langsung, jadi kalau ada kasus yang sudah meningkat maka akan ke rujuk ke rumah sakit yang telah di siapkan.

“Jadi setiap pos itu, akan di tinjau setiap saat oleh petugas kesehatan, sementara emergencynya itu di Dinas Kesehatan Kota Ambon, di setiap pos kesehatan dan puskesmas sudah di lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), tetapi untuk merawat itu di rumah sakit’’kata Pelupessy.

Dikatakan, pada pos kesehatan ini memang lebih efektif dalam pencegahan dan pendataan warga pendatang yang baru masuk ke desa/negeri tersebut.

“Kita lebih fokus pada pencegahan. Makanya kita membangun posko di setiap desa/negeri maupun Kelurahan,’’tutup Pelupessy.(EVA)

Exit mobile version