Bunda PAUD Ambon Sosialisasi Makan Ikan Cegah Stunting di Passo

Bunda PAUD Kota Ambon, Ny Debby Louhenapessy cerita tentang manfaat makan ikan untuk anak-anak PAUD di Passo.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)– Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Ambon, Debby Louhenapessy menyambangi PAUD Rajawali, di Lorong RRI, Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Kunjungan Bunda PAUD Ambon  ini dalam rangka mensosialisasikan Program Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)”. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Himpunan Tenaga PAUD Seluruh Indonesia (HIMPAUDI SI). Program ini merupakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam kunjungan tersebut, bunda PAUD menceritakan sebuah cerita dengan tema makan ikan yang di tulis oleh pengelolah PAUD Rajawali, Maritje Riupassa.

Louhenapessy menyatakan, gerakan edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD” diselenggarakan secara nasional di Indonesia untuk mencegah stunting pada anak-anak usia dini, sehingga anak-anak Indonesia memiliki gizi yang baik dan menjadi anak yang cerdas. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh, terutama disebabkan karena kekurangan gizi kronis yang terjadi di usia balita.

Bunda PAUD Kota Ambon, Debby Louhenapessy didampingi Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Ambon , Yasmu Budiatin saat berada di PAUD Rajawali Passo untuk kampanye nasional makan ikan cegah stunting.-EVA-

“Jadi kita mendorong mereka (anak-anak) makan ikan. Indonesia ini negara yang kaya ikan, tapi di Asia, tingkat konsumsi ikan kita termasuk rendah. Padahal ikan diketahui punya potensi yang besar untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak,” katanya, kepada wartawan usai kunjungan di PAUD Rajawali, Kamis (21/11/2019).

Dirinya memberikan apresiasi kepada pengelolah PAUD Rajawali Passo, karena sudah membuat cerita terkait ikan, ini merupakan pendidik PAUD  yang sangat kreativitas yang telah mengarang cerita yang sangat baik, dan alur ceritanya sangat baik, pokoknya sangat luar biasa, selain itu sudah memberikan hatinya kepada para siswa, yang artinya cerita itu dibagikan kepada anak-anak dan sangat luar biasa.

“Saya berharap dengan adanya gerakan makan ikan dapat mencegah stunting kepada anak-anak Kota Ambon, karena ikan ini membuat anak daya tahan tubuhnya kuat,  emosionalnya bagus, daya ingatnya bagus, dan pintar,’’ujarnya.

Sementara itu, Pengelolah PAUD Rajawali Passo, Maritje Riupassa menambahkan, program ini berjalan serentak di Indonesia, untuk PAUD di Indonesia, khususnya di Maluku, PAUD Rajawali mensuport dan mengedukasi ini untuk anak-anak, bagaimana mencegah stunting sedini mungkin, sehingga mereka bisa bertumbuh cerdas, dan agresif.

“Jadi gerakan ini sangat positif untuk terus edukasi anak-anak kita untuk makan ikan, saya bertreimakasih kepada Pemerintah yang telah membuat program yang ada, kami selaku guru-guru mengajak anak-anak terus makan ikan,’’terangnya dia.(EVA)

Exit mobile version