Bumdes Rurehe Desa Galala Dilantik

kepala Desa Galala, Jemima Joris/S melantik pengurus Bumdes Rurehe, Kamis di kantor Desa Galala.-PJ-

AMBON(info-ambon.com)-Pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ‘Rurehe’ Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Kamis (19/5/2022) dilantik oleh Kepala Desa Galala, Jemima Joris/S,  bertempat di kantor Desa setempat.

Kepala Desa Galala, Jemima Joris/S pada kesempatan itu menyampaikan, pelantikan pengurus Bumdes hari ini adalah momentum dari realisasi visi misi dirinya saat kampanye lalu, yang tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa Galala.

Menurut Joris, Bumdes ini bukan nanti berguna untuk pengurus saja,  tapi Bumdes harus bermanfaat bagi masyarakat banyak yang ada di desa Galala.

Dikatakannya, Desa Galala dari sisi potensi Sumber Daya Alam (SDA) sudah sangat minim. Oleh karena itu, butuh pengurus Bumdes yang kreatif dan inovatif, sehingga mampu mengelola Bumdes dengan ide-ide kreatif. ‘”Saya minta saudara harus membangun kerjasama yang baik diantara pengurus. Tidak boleh ada kotak-kotakan,’’ pinta Kades yang biasa di sapa Mike tersebut.

Sebagai kepala desa, dirinya, Ketua BPD dan perangkat, siap membantu saudara-saudara dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan oleh masyarakat lewat musyawarah desa.

Kades, tokoh agama, Kasie Pemerintahan Kecamatan Sirimau, pengurus BPD dan personil Bumdes Rurehe sesaat setelah pelantikan.-PJ-

Sementara itu, Kepala Kecamatan Sirimau yang diwakili Kasie Pemerintahan Umum, D Sopamena dalam sambutannya sampaikan, Bumdes sangat jelas diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021.

Bumdes didirikan untuk menjalankan usaha dan memanfaatkan asset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan pelayanan dan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Disebutkan, Bumdes menjadi penting, karena bertujuan untuk memeratakan kesejahteraan di bidang perekoniomian desa, memaksimalkan pendapatan asli dan pengelolaan potensi desa sesuai kebutuhan masyarakat.

Sopamena katakana, Bumdes berperan sangat strategis dan penting dalam rangka memutar roda perekonomian masyarakat desa, olehnya harus jeli dalam melihat potensi yang ada di desa, serta mampu memetakan potensi tersebut untuk mengembangkan berbagai bidang usaha.

Diharapkan Bumdes Rurehe Galala dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat serta mengembangkan daya saing dan memberdayakan potensi masyarakat yang ada di desa agar terus berkembang dan berinovasi sesuai dengan pekembangan zaman.

‘’Saya harap pengelolaannya dapat cepat berkembang agar bisa terwujud desa mandiri serta masyarakat yang sejahtera,’’ pintanya.

Dukungan dari pemerintah desa juga sangatlah penting sebagai penyeimbang dan juga pendamping serta pelindung kepada Bumdes dalam pengembangan Bumdes ke depan demi kesejahteraan masyarakat desa Galala. (PJ)

Exit mobile version