BPS Provinsi Maluku Lakukan Kunjungan ke Unpatti, ini Yang Dibicarakan

AMBON (info-ambon.com)- Rektor Universitas Pattimura Prof Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd menerima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia, S.E, M.Si, beserta staf dan pengelola Pojok Statistik Unpatti, diruang kerja Rektor Unpatti, Selasa (30/1/2024).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan pihak akademisi.

“Kerjasama Unpatti dan BPS ini akan kita lanjutkan lebih intensif. Kita akan merealisasi MoU dan Perjanjian Kerjasama yang telah ditandantangani melalui Program Studi yakni Program Studi Statistika dengan melakukan berbagai kegiatan yang nyata, salah satunya adalah dengan meningkatkan layanan pada Pojok Statistik yang ada di Universitas Pattimura,” ujar rektor.

Dikatakan, tentu agar pojok statistik dapat berjalan dengan baik dan tertata akan dilakukan pembenahan termasuk fasilitas yang ada agar pengguna dapat menikmati layanan pojok statistik sehingga nantinya melalui berbagai data-data yang akurat, terukur dengan metodologi yang tepat, dapat diperoleh dengan mudah oleh pengguna yaitu mahasiswa maupun dosen bagi kebutuhan riset maupun publikasi ilmiah dikalangan kampus tetapi juga bagi masyarakat umum lainnya.

Rektor juga berharap, kedepan harus dilakukan Focus Group Discussion (FGD) sebagai ruang berdiskusi antara para akademisi di Unpatti dengan BPS terkait layanan, analisis, masalah, tantangan dan upaya yang dihadapi dalam bidang ini dan memberikan peluang bagi kolaborasi riset antara akademisi dengan BPS.

Rektor berharap, publikasi pojok statistik melalui berbagai media promosi cetak maupun media sosial perlu ditingkatkan agar warga kampus dapat mengetahui manfaat dan layanan pojok statistik “Sehingga melalui Pojok Statistik dapat meningkatkan literasi statistik di perguruan tinggi, terutama di Unpatti,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Maluku, Maritje Pattiwaellapia, S.E, M.Si mengatakan, sesuai dengan reformasi birokrasi BPS, kedepan kita ingin membangun lebih jauh pembangunan statistik baik di level pemerintah daerah maupun pada level akademisi. Di Tahun 2023 kami sudah berproses dengan Pojok Statistik yang ada di Unpatti dan ini merupakan satu media dalam membangun literasi statistik dikalangan akademisi,”.

Lanjutnya, ada beberapa layanan yang akan ditingkatkan di Pojok Statistik Unpatti diantaranya konsultasi statistik, konsultasi pemanfaatan data statistik terkait dengan penyusunan skripsi maupun tesis bahkan juga disertasi.

“Jadi nanti kami akan hadirkan ahli-ahli statistik dari BPS Provinsi Maluku yang akan terlibat langsung memberikan pemahaman/arahan bagi mahasiswa dalam penyusunan skripsi, tesis maupun juga disertasi,” imbuhnya.

Diharapkan, kedepannya Pojok Statistik di Unpatti dapat terus ditingkatkan literasinya sehingga terbuka untuk semua fakultas yang ada di Unpatti, sehingga kajian-kajian penelitian yang dihasilkan para akademisi dapat memperkaya literasi statistik di Provinsi Maluku. (EVA)

Exit mobile version