BPBD: 4 Bangunan di Kampus IAIN Ambon Rusak, Perpustakaan Rusak Total

Peta udara kerusakan bangunan di IAIN Ambon.-bpbd amq-

AMBON(info-ambon.com)-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menginformasikan, 4 bangunan yang berada di lokasi perkuliahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon rusak. 1 bangunan yakni gedung perpustakaan, dianalisa rusak berat dan tidak dapat digunakan lagi.

Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays yang dikonfirmasi info-ambon.com, Selasa (4/6/2019) menyebutkan, kerusakan pada 4 bangunan tersebut, disebabkan karena hujan yang mengguyur kota Ambon dalam beberapa hari terakhir ini, dan puncaknya pada 3 Juni lalu.

Menurutnya, kerusakan atas bangunan tersebut, diasumsikan karena belum padatnya tanah pada lokasi bangunan dan juga asumsi lain akibat kultur tanah yang berlempung serta kondisi drainase yang rapuh.

‘’Analisa tim BPBD Kota Ambon, asumsi-asumsi tadi yang memicu terjadi rayapan tanah sehingga menyebabkan rusaknya bangunan disana,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Ambon, Ronald Lekransi yang dikonfirmasi info-ambon.com usai melakukan peninjauan disana, menyebutkan, asumsi kerusakan diakibatkan , material pada lokasi bangun/timbunan dengan dominan tekstur berlempung, dan kondisi drainase yang rapuh memicu terjadi rayapan tanah.

Gedung perpustakaan IAIN yang rusak total.

4 bangunan yang rusak tersebut yakni auditorium, laboratorium, perpustakaan dan ruang gensed dengan perkiraan kerusakan bangunan yakni auditorium (luasan +- 1.559 M2) Fisik rusak 50 persen (kolom, balok, dinding), laboratorium (luasan +- 539 M2) fisik rusak 25 persen (lantai , dinding), perpustakaan (luasan +- 1.102 M2) fisik rusak 100 persen (rusak berat/total) dan ruang gensed (luasan +- 172 M2) fisik rusak 75 persen (pondasi, Slof,Kolom,dinding)

Selain itu, dari kondisi riil lapangan juga ditemui fasilitas pendukung yang rusak yakni talud amblas sepanjang sekitar 150 meter serta saluran yang amblas sepanjang sekitar 100 meter.

Ia juga menyebutkan, walau kondisi hujan mereda, namun dari pengamatan lapangan yang dilakukan pihaknya, lokasi tanah di gedung perpustakaan masih saja bergerak dan sangat rawan. (PJ)

Exit mobile version