BMKG: 5-6 Mei 2023 Terjadi Gerhana Bulan Penumbra

AMBON(info-ambon.com)- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia merilis, pada 5-6 Mei 2023 mendatang,  akan terjadi gerhana bulan Penumbra.

Gerhana  Bulan  adalah  peristiwa  terhalanginya  cahaya  Matahari  oleh  Bumi  sehingga  tidak  semuanya  sampai  ke  Bulan.  Peristiwa  yang  merupakan  salah  satu  akibat  dinamisnya  pergerakan  posisi  Matahari, Bumi,  dan Bulan ini  hanya  terjadi  pada  saat  fase  purnama  dan  dapat  diprediksi  sebelumnya.

Dirilis dari laman BMKG.go.id, Kamis (27/4/2023), Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra  Bumi.  Akibatnya,  saat puncak gerhana  terjadi,  Bulan  akan  terlihat lebih redup dari saat purnama.

Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Pada  tahun  2023 terjadi  4  (empat) kali gerhana,  yaitu  2  (dua)  kali  gerhana  Matahari  dan  2  (dua)  kali gerhana Bulan. Rinciannya adalah sebagai berikut :

1.Gerhana Matahari Hibrid (GMH) 20 April 2023 yang dapat diamati dari Indonesia,

2.Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5-6 Mei 2023 yang dapat diamati dari Indonesia,

3.Gerhana Matahari Cincin (GMC ) 14 Oktober 2023 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, dan

  1. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 29 Oktober 2023 yang dapat diamati dari Indonesia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah adalah  memberikan  informasi  dan  pelayanan  tanda  waktu,  termasuk  di  dalamnya  adalah  informasi Gerhana  Bulan  dan  Matahari.  Untuk  itu, BMKG  menyampaikan  informasi  Gerhana  Bulan Penumbra 5 -6 Mei 2023 sebagai berikut.

Gerhana  bulan  sebelumnya  yang  berasosiasi  dengan  gerhana  ini adalah  Gerhana  Bulan Penumbra 24 April 2005. Adapun gerhana Bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Sebagian 16 Mei 2004.

Gerhana Bulan Penumbra 5 Mei 2023 di dunia seluruh  proses  gerhana  dapat  dilihat  di sebagian besar  Asia, Australia, sebagian kecil  Afrika , dan sebagian Rusia. Proses  gerhana  pada  saat  Bulan terbit  dapat  diamati di sebagian besar Afrika, Sebagian kecil Asia, sebagian besar Eropa, dan sebagian Rusia.

Proses Gerhana pada  saat  Bulan  terbenam  dapat  diamati  di Samudera  Pasifik.  Gerhana  ini  tidak  akan  dapat diamati di Amerika, sebagian kecil Afrika, sebagian kecil Eropa. Gerhana Bulan Penumbra 5 Mei 2023 ini merupakan anggota ke 24 dari 73 anggota pada seri Saros 141.

Gerhana  bulan  sebelumnya  yang  berasosiasi  dengan  gerhana  ini adalah  Gerhana  Bulan Penumbra 24 April 2005. Adapun gerhana Bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Sebagian 16 Mei2041. (*/PJ)

Exit mobile version