Bidan Klinik KB Kota Ambon Diberikan Pelatihan CTU

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, Welly Patty memberikan sambutan saat pembukaan pelatihan.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- Sebanyak 30 Bidan Klinik Keluarga Berencana (KB) kota Ambon di berikan pelatihan Contraceptive Technology Update (CTU). Pelatihan ini dilakukan 2 gelombang, yakni gelombang pertama diikuti 15 orang dilakukan pada 26-30 Agustus 2019, dan gelombang kedua akan diikuti 15 orang dilakukan pada Minggu ke-2 bulan September mendatang. Kegiatan dilakanakan di aula Kantor BKKBN Provinsi Maluku, Senin (26/8/2019).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, Welly Patty menyatakan, pelatihan dilakukan secara serentak, apalagi saat ini kita berada pada era 4.0, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat tinggi, diperlukan berbagai ketrampilan untuk meningkatkan daya saing di masyarakat.

“CTU merupakan salah satu pelatihan yang seharusnya diikuti oleh bidan KB, sebagai salat satu syarat bagi bidan untuk memberikan pelayanan kontrasepsi IUD dan Implan,”katanya.

Peserta pelatihan serius mengikuti jalannya pemaparan materi.-EVA-

Menurutnya, sesuai peraturan Pemerintah pusat, dan undang-undang BPJS kesehatan tahun 2019 mewajibkan bidan harus sertifikasi, karena kalau tidak bidan tersebut tidak bisa mengklaim BPJS, dan tidak bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Pelatihan CTU diharapkan, dapat mendukung kesejahteraan masyarakat di kota Ambon, karena kedepan bagi bidan yang tidak sertifikasi maka tidak bisa melakukan pelayanan alat kontrasepsi.

Disebutkan, pelatihan memiliki tujuan untuk meningkatkan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat.

“Para bidan tersebut adalah penyedia informasi di masyarakat yang harus memberikan wawasan penting dan juga memberikan penyuluhan perencanaan kehamilan serta persalinan, karena itu para bidan harus benar-benar memahami serta mengetahui berbagai hal penting yang berhubungan erat dengan perihal KB,”tutup Patty.(EVA)

Exit mobile version