BI Resmi Luncurkan uang kertas Pecahan Rp75.000

AMBON (info-ambon.com)- Sebagai wujud rasa syukur peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI Bank Indonesia (BI) Menteri Keuangan meluncurkan uang kemerdekaan 75 tahun kemerdekaan RI yang akan di cetak sebanyak 75 juta. Peluncuran dilakukan di Jakarta secara virtual. Disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang kepada wartawan di Ambon, Selasa (18/8/2020).

“Peluncuran uang kertas pecahan Rp75.000 untuk dipakai sebagai alat pembayaran yang sah karena bertepatan dengan HUT RI ke-75, Senin (17/8/2020),”jelas dia.

Untuk Wajah proklamator kemerdekaan Soekarno dan Mohammad Hatta dipilih sebagai gambar dari pecahan uang tersebut dengan latar momen bersejarah pengibaran Bendera Merah Putih pada 1945 silam. Banyak masyarakat belum mengetahui adanya uang kertas pecahan 75 ribu. Namun, untuk penukaran uang baru ini, dapat melalui salah satu aplikasi BI Uang kertas pecahan Rp.75.000, sudah beredar dan dapat digunakan masyarakat Maluku.

Selain itu, di tengah Pandemi Covid-19, KPw BI Provinsi Maluku tetap optimistis dalam membangun masa depan daerah ini melalui distribusi rupiah yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. “Rupiah sebagai mata uang Nasional, harus tetap dijunjung tinggi dan menjadi simbol kedaulatan negara,”pungkasnya.(IA-EVA)

Exit mobile version