BI Maluku Siapkan 834 Miliar Selama Ramadan dan Jelang Idul Fitri

Keterangan pers BI Provinsi Maluku, Selasa.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Guna memenuhi kebutuhan uang tunai selama Bulan Suci Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku menyediakan Rp 834 miliar.

Kepala Kantor BI Maluku, Bakti Artanta mengatakan, secara nasional BI menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 175,26 Triliun khusunya untuk Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah sehingga Rp 834 miliar tersebut merupakan sebagian kecil dari Rp 175,26 Triliun yang disediakan untuk Provinsi Maluku.

“Penyediaan uang tunai untuk Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah di tahun ini mengalami kenaikan 27 persen dibandingan dengan tahun 2021 lalu. Karena di 2021 lalu itu realisasinya sebanyak Rp 656 miliar,” ungkap Artanta kepada wartawan dalam keterangan pers di Kantor BI Provinsi Maluku, Selasa (5/4/2022).

Kenaikan tersebut dikarenakan mobilitas masyarakat sudah mulai ramai, kemudian PPKM Covid-19 juga telah terkendali.

Menurutnya, dari dana Rp 834 miliar yang disiapakan, Rp. 40 miliar disiapkan untuk Uang Pecahan Kecil (UPK), sedangkan sisanya untuk Uang Pecahan Besar (UPB) termasuk untuk mesin ATM.

Selain itu, tambah Artanta, ratusan miliar yang disediakan tersbut akan dioptimalisasi melalui kas titipan maupun kas keliling, sehingga BI Maluku akan berkolaborasi dengan pihak perbankan.

“Untuk kas keliling ini, di Kota Ambon khusunya kita kolaborasi dengan 18 perbankan dan ada 50 titik, sehingga nanti teman-teman perbankan juga bisa melakukan pelayanan penukaran uang oleh masyarakat,” jelas Artanta.

Untuk kegiatan Kas Keliling,  lanjutnya, di Kota Ambon akan dilakukan sebanyak 7 kali selama Ramadhan yakni, pada 6 April berlokasi di  Terminal Mardika, pada 12 April berlokasi di Ambon Plaza, 14 April berlokasi di Maluku City Mall, 19 April berlokasi di Bundaran dr. J Leimena Poka, 21 April berlokasi di Gong Perdamaian Dunia, 26 April berlokadi di Ambon City Center Passo serta 28 April berlokasi di Lapangan Merdeka Ambon yang beroperasi mulai pukul 10.00 Wit hingga 12.00 Wit.

Untuk kas keliling tersebut, tambah Artanta, BI Maluku telah mencanangkan hal baru dengan mempertimbangkan digitalisasi serta memperimbangkan protokol Covid-19 sehingga, BI menyediakan pola baru kas keliling yaitu, masyarakat dapat melalukan penukaran uang tunai melalui aplikasi web https//www.pintar.bi.go.id.

“Sekarang aplikasi web tersebut sudah mulai dibuka, kami persilahkan kepada masyarakat yang ingin menukarkan uangnya bisa melalui web tersebut. Setalah sudah masuk ke web tersebut dan mengisi data masyarakat yang ingin menukar uang, maka akan diberikan kode antrian sehingga, masyarakat bisa hadir pada saat jadwal penukaran. Tetapi untuk penukaran uang tunai melalui web masyarakat harus dapat sehari sebelumnya,” pungkas Artanta. (EVA)

Exit mobile version