Besok, Pemkot Ambon Terima Penghargaan Eliminasi Malaria WHO

Kepala Dinas Kesehatan, Wendy Pelupessy.

AMBON (info-ambon.com)– Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan terima penghargaan eliminasi malaria dari World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia pada 31 Mei 2022 mendatang di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pada 31 Mei 2022, Kota Ambon akan mendapat penghargaan dari WHO yang diberikan melalui Kementerian Kesehatan untuk eliminasi malaria bersama dengan 13 Provinsi lainnya di Indonesia, dan 37 kabupaten kota se-Indonesia rencana dari WHO,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Wendy Pelupessy kepada info-ambon.com, di Ambon, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, untuk Indonesia di tahun 2030 seluruh Provinsi dan seluruh kabupaten/kota Indonesia sudah harus eliminasi malaria.

“Kita bersyukur di Kota Ambon bisa lebih cepat 8 tahun, dan didapat pada Tim di tahun 2022 sebelum 2030,” jelas Pelupessy.

Dikatakan, Tim WHO itu menilai Kota Ambon selama 3 tahun berturut-turut, kemudian yang mengusulkan pertama adalah Kota Tual dan Kabupaten Buru ada perwakilan Indonesia.

“Kalau Kota Ambon merupakan salah satu, tetapi selama 3 tahun, dan di tahun ketiga ada satu kasus, sehingga dianggap diputihkan. Dan mereka harus memulai lagi dari 3 tahun awal untuk mereka melihat bahwa ada kasus atau tidak,” terang Pelupessy.

Diakui, lanjut Kadis, dimaksud dengan ada kasus eliminasi malaria ini ketika kasus lokal jadi kasus impor itu tidak dihitung, dan kasus lokal yang terjadi di masyarakat.

“Selama tahun 2019 hingga 2021 terakhir, pada bulan Maret-April 2022 tim independen yang memang ditugaskan oleh WHO datang di kota Ambon untuk menilai, setelah mereka kembali, tim diminta untuk presentasi dihadapan para Profesor dari WHO. Dari presentasi itu, Kota Ambon nyatakan layak menerima selembar sertifikat eliminasi malaria dari WHO, mudah-mudahan bisa berguna bagi masyarakat,” demikian Pelupessy. (EVA)

Exit mobile version