Berakhir Manis, Maluku Sabet 8 Medali di Kejurnas Atletik 2019

Kontingen Maluku di Kejurnas/Pra PON atletik 2019 Cibinong-Bogor. Hasil manis untuk Maluku.-MS-

AMBON(info-ambon.com)- Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik sekaligus seleksi Pra PON XX yang diikuti kontingen Maluku di Stadion Panasari, Cibinong-Bogor berakhir manis.

Kontingen Maluku pulang ke Ambon dengan prestasi yang membanggakan. Anak asuh Marla Sopacua dan Ruben Sapulette dengan manager Chris Timisela tersebut berhasil mempersembahkan 8 medali untuk mengharumkan nama Maluku di kancah nasional.

Delapan medali yang diraih tersebut terdiri dari 4 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu.

Medali emas didapat oleh Alvin Tehupeiory di nomor 100 dan 200 meter putri. Bahkan Alvin pada lari 200 meter putri, mencatatan waktu 23.76 detik sekaligus memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat pelari asal Maluku Irene Joseph 20 tahun silam. Kala itu Joseph mencatatkan waktu terbaik 23.86 detik.

Emas lainnya ditorehkan Yanes Pelamonia di nomor lari 1500 meter dan juga Wempy Pelamonia yang juga meraih emas di nomor 800 meter putra.

Medali perak didapat dari nomor 400 meter gawang atas nama pelari Budi Prayoga dan nomor 4X400 meter gawang yang diraih kwartet Maluku Fandry Sopacua, Elvis Telusa, Jakob Tahapary , dan Budy Prayoga, sementara 2 medali perunggu masing-masing di nomor 400 meter atas nama Elvis Telussa dan Yanes Pelamonia.

Yanes Pelamonia yang sukses meraih emas di nomor lari 1.500 meter putra.-MS-

KEJUTAN

Pelatih Marla Sopacua yang dihubungi info-ambon.com, Selasa (6/8/2019) sebutkan, kejutan paling besar dalam Kejurnas ini selain pemecahan rekor nasional oleh Alvin, juga perolehan medali Perak oleh tim lari 4X400 meter putra.

Nomor ini, lanjut sopacua, sebelumnya tidak diprediksi menyabet medali. Namun perjuangan yang dilakukan Fandry Sopacua, Elvis Telusa, Jakob Tahapary , dan Budy Prayoga sungguh-sungguh luar biasa dan diluar ekspektasi semua pihak.

Disebutkan, pada nomor ini, beberapa provinsi misalnya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Papua Barat dan Nusa Tenggara Barat adalah langganan medali dari masa ke masa.

‘’Kali ini tradisi itu diputuskan kontingen Maluku. Maluku menyabet perak dan ini sungguh luar biasa,’’ tegasnya seraya menambahkan, kunjungan Ketua Pengprov PASI Maluku yang juga Walikota Ambon, Richard Louhenapessy adalah penyemangat kuat bagi anak-anak.

Maluku sendiri pada Kejurnas sekaligus seleksi PON XX Papua 2019 ini, mengirimkan 2 atlet junior dan 10 atlet senior. Sementara kategori yang diperlombakan disana ada 3 yakni usia remaja, senior dan junior.

Kejurnas Atletik mulai dilaksanakan 1-7 Agustus dengan diikuti 1.071 atlet dari 34 provinsi.  Mereka terdiri dari 332 atlet putra dan putri usia di bawah 18 tahun, 282 atlet putra dan putri U-20, dan 457 atlet putra dan putri senior. (PJ)

Exit mobile version