Benteng Victoria akan Dikelola Pemkot Ambon. KASAD Setuju

Konferensi pers Walikota Ambon di ruang Unit Layanan Administrasi (ULA) Pemkot Ambon.-PJ-

AMBON(info-ambon.com)-Niat Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk mengelola Benteng Victoria sebagai salah satu cagar budaya di Indonesia, ternyata mendapat respon positif dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andhika Perkasa.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di Ambon, Rabu (22/1/2020) memaparkan, dalam pertemuan antara tim Pemkot Ambon dengan KASAD dan juga Pangdam XVI/Pattimura di Markas Besar (Mabes) TNI Jakarta, Selasa (21/1/2020) lalu, KASAD apreseasi positif rencana revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi Makodam XVI Pattimura ke Negeri Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.

Dia sebutkan, KASAD sangat mendukung rencana itu, olehnya sudah diperintahkan kepada Asisten Logistik dan juga Pangdam Pattimura untuk menyiapkan seluruh dokumen guna memperlancar semua urusan.

Dalam pertemuan itu, tim Kota Ambon sudah memaparkan segala rencana secara sistimatis, sampai dengan pelepasan Benteng Victoria ke Pemkot Ambon yang rencananya terjadi antara tahun 2024-2026 mendatang.

Persoalan teknis menyangkut pemindahan instalasi militer di lokasi Benteng dan Makodam XVI/Pattimura juga sudah dipaparkan, dan seluruhnya mendapat lampu hijau dari KASAD.

‘’Memang ada konsekwensi dari rencana itu, dimana harus ada pembebasan lahan yang dilakukan Pemkot Ambon, sebelum nantinya pembangunan dilakukan oleh pemerintah pusat,’’ katanya.

Soal lahan sendiri, pihaknya sudah menyiapkan lokasi di Negeri Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon seluas sekitar 50 hektar.

Selain mengunjungi KASAD, tim Pemkot Ambon juga langsung melakukan pertemuan dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa untuk membicarakan hal yang sama dan mendapat dukungan dan apreseasi positif.

‘’Kita juga sudah agendakan pertemuan lanjutan dengan Menhan, Mendikbud, Menpar, pimpinan DPR-RI, Komisi I DPR-RI yang membidangi pertahanan-keamanan juga Banggar DPR-RI serta pihak terkait lainnya di anggaran dan HAKI,’’ kata Louhenapessy.

Benteng Victoria sendiri, sejak 2017, silam lalu telah ditetapkan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai salah satu cagar budaya Indonesia.

Walikota berharap, dengan realisasi atas rencana ini, lokasi Benteng Victoria bisa menjadi salah satu destinasi wisata budaya baru di Ambon, sebab memang banyak situs-situs sejarah yang ada di dalam benteng tersebut. (PJ)

Exit mobile version