Batu Meja dan Laha di Siapkan Jadi Kampung Iklim di Ambon

Kepala DLHP Kota Ambon, Lucia Izaack.

AMBON (info-ambon.com)-Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) mempersiapkan Kelurahan Batu Meja- Kecamatan Sirimau dan Negeri Laha- Kecamatan Teluk Ambon sebagai kampung iklim di Kota Ambon.

Sebelumnya Kelurahan Ahusen RW 004, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon terpilih sebagai kampung iklim yang merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tujuan dari program kampung iklim untuk masyarakat mulai dari kampung dan desa bisa menjaga adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Jadi dua lokasi ini disiapkan sebagai kampong iklim, karena lokasi ini bisa mengelola sampah, mungkin kita poleskan dan tingkatkan, misalnya untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang masih kurang kita tingkatkan. Olehnya, di Cleanup Day tahun ini, kita melakukan penanaman anakan bibit rambutan disana,” kata Kepala DLHP Kota Ambon, Lucia Izaack kepada wartawan di Ambon, Minggu (20/9/2020).

Dikatakan, dalam melaksanakan satu kegiatan  yang membutuhkan perubahan mindset dan perilaku itu tidak mudah, namun oihaknya terus berupaya, mulai dari kelompok kecil yang diyakini akan menjadi contoh bagi masyarakat banyak.

“Untuk itu dengan apa dilakukan ini bisa menjadi embrio, kalau berhasil dari RT ini baru lanjut ke RT yang lain, dan diharapkan Negeri Laha maupun juga Batu Meja dapat melaksanakan program mandiri pengelolahan sampah, baik itu sampah organik maupun non organik,”tutup Izaack.(EVA).

Exit mobile version