Bantuan Korban Gempa Ambon Rp1,3 M Siap Cair. Untuk Siapa? Baca Disini

Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays.

AMBON (info-ambon.com)-Bantuan stimulan senilai Rp1,3 miliar yang di peruntuhkan untuk Dana Tunggu Hunian (DTH) segera dicairkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon bagi korban gempa 26 September 2019.

Disebutkan, dana bantuan korban gempa sudah masuk ke rekening BPBD yakni senilai Rp1,3 miliar. Dan dana tersebut diperuntukkan untuk DTH dan dana pembersihan puing-puing rumah.

“Yang sudah masuk di rekening BPBD itu dana tunggu hunian, dengan dana pembersihan puing-puing rumah. yang segera kita salurkan kepada mereka yang berhak menerima itu,” jelas Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (9/12/2019).

Dikatakan, untuk proses pencairan dana stimulan pihaknya akan menggunakan BNI. Dimana, masyarakat akan diminta untuk membuka rekening sebab sudah ada kerjasama dengan BNPB pusat.

“Dari BNPB sudah kerjasama dengan BNI, jadi kita  akan pindahkan dana itu ke rekening yang ada masing-masing, karena kita akan berikan bantuan sesuai by name by adrees yang ada pada kita, dan data itu nantinya akan kami kasih ke BNI, untuk membuka rekening, langsung dana itu ditransfer,”tambahnya.

Dikatakan, dana tersebut diberikan kepada korban gempa tahap pertama yakni 26 September. Untuk Kota Ambon, jumlah kerusakan  gempa tahap pertama, yakni sebanyak 1.631 rumah, dengan jumlah rusak berat sebanyak 306.

Dijelaskan, bantuan DTH hanya diberikan kepada korban gempa yang rumah mereka mengalami kerusakan berat. Sedangkan untuk dana pembersihan puing-puing rumah, diberikan kepada seluruh rumah yang rusak.

“Untuk DTH  diberikan kepada rumah rusak berat dan kita punya sebanyak  306, sedangkan untuk rumah rusak semua baik ringan, sedang, dan berat yang akan mendapatkan dana pemberian puing-puing rumah sebanyak 1.631. Dan untuk bantuan tahap kedua dan ketiga akan menyusul karena sementara kita selesaikan dulu tahap pertama, sedangkan kedua dan ketiga kita sementara proses,”ujarnya.

Diakui, untuk Kota Ambon tak ada masalah semua sudah di selesaikan sehingga dalam waktu dekat bisa dilakukan pencairan.

“Kemarin kita sudah dapat juknis terkait dengan pencairan dana stimulan. Jadi dalam waktu dekat kami sudah masukan data-data untuk proses pencairan,”katanya.(EVA)

Exit mobile version