Awal Tahun, Kesadaran Warga Ambon Patuhi 3M Menurun?

Koordinator fasilitas Umum, Satgas COVID-19 Kota Ambon, Richard Luhukay.

AMBON (info-ambon.com)– Hasil operasi yustisi yang dilakukan Satuan Tugas Covid-19 Kota Ambon di Minggu pertama tahun 2021, tepatnya Senin 4 Januari 2021 mengejutkan. Apa pasal?

Koordinator Fasilitas Umum, Satgas Covid-19 Ambon, Richard Luhukay mengatakan, pihaknya kaget, melihat warga Kota Ambon yang tidak memakai masker cukup banyak. Padahal, operasi dilakukan hanya pada 2 lokasi, yakni di Jalan Pattimura dan kawasan Tanah Lapang Kecil (Talake)-Ambon.

Dari kedua lokasi tersebut, sebanyak 86 warga yang tidak memakai masker dan harus menjalani rapid tes ditempat. ‘”Saya cukup kaget melihat warga Kota Ambon yang tidak memakai masker cukup banyak,’’ jelasnya kepada info-ambon.com, Selasa (5/1/2021).

Dari hasil 86 yang menjalani rapid tes ditempat, ternyata 13 hasilnya reaktif dan sudah diarahkan untuk melakukan swab tes. Ia mengakui, dengan hasil yang begitu banyak, artinya masyarakat Kota Ambon masih belum patuh terhadap protokol kesehatan.

“Ini artinya masyarakat belum patuh. Padahal ditahun lalu sudah mengalami penurunan, tapi awal tahun ini ternyata banyak yang tak patuh. Mungkin mereka berpikir Covid-19 hanya ada ditahun 2020, dan tahun 2021 kita sudah hidup normal,”ujarnya.

Luhukay mengatakan, walaupun begitu pihaknya akan terus melakukan sosialisasi bahwa pentingnya 3M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. (EVA)

Exit mobile version