ASDP Siapkan 5 Kapal Feri Layani Hunimua-Waipirit

Kepala Cabang PT ASDP Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon menyiapkan 5 kapal feri yakni KMP.Inelika, KMP.Dolosi, KMP.Terubuk, KMP.Rokatenda dan KMP Tanjung Koako untuk melayani rute penyeberangan pelabuhan Hunimua Desa Liang, Pulau Ambon – Pelabuhan Waipirit di Desa Kairatu, Pulau Seram.

Kepala PT ASDP Cabang Ambon Eddy Hermawan, kepada wartawan di kantornya Jumat (10/5/2019) menjelaskan, sementara untuk pelabuhan di Galala, Kota Ambon menuju Namlea, Pulau Buru disiapkan dua kapal feri sesuai dengan laporan ke Dinas Perhubungan Provinsi Maluku dan KSOP, yakni KM.Wayangan dan KM.Temi.

Sedangkan lintasan menuju Saparua, Haruku, Nusalaut, dan Masohi, kabupaten Maluku Tengah melalui pelabuhan Waai, pulau Ambon kapal feri yang ada tetap beroperasi seperti biasa, tidak ada penambahan, sebab tidak terlalu banyak warga muslim yang akan mudik melintasi rute tersebut.

Pelayanan penumpang ke desa Kulur di pulau Saparua di lintasan itu juga sudah ada KM.Teluk Ambon yang beroperasi setiap saat. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, ASDP Ambon akan menambah tempat duduk, selain penambahan trip (frekuensi pelayaran). “Bisa kita tambah, misalnya dari biasa 13 trip menjadi 14 atau 15 trip,” kata Hermawan.

Sementara itu, jadwal pelayaran kapal feri rute pelabuhan Hunimua – Waipirit selama ini mulai dari pukul 05.30 WIT sampai dengan pukul 21.00 WIT. Namun, karena beberapa hari belakangan ini ada dampak dari peristiwa ketegangan antarwarga desa Latu dan Hualoy, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) maka pelayarannya hanya sampai dengan pukul 17.00 WIT.(EVA)

Exit mobile version