ASDP Kurangi Trip Ferry Yang Melayari Hunimua-Waipirit

AMBON (info-ambon.com)- Mengingat adanya pandemi covid-19,, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Cabang Ambon melakukan pengurangan trip. Terutama saat adanya himbauan dari Pemerintah Daerah untuk tidak adanya muatan penumpang. Manager Usaha PT ASDP Cabang Ambon, Abdillah mengatakan, saat ini terjadi pengurangan trip terutama untuk kapal ferry yang melayari Hunimua-Waipirit.

Untuk kapal ferry yang melayari Hunimua-Waipirit sendiri saat ini hanya ada 7 trip yang dilakukan padahal sebelumnya ada 13 trip yang dilakukan. Pengurangan trip tersebut juga diakibatkan oleh adanya permintaan dari Bupati SBB untuk kapal yang keluar hanya pada sore hari. “Trip yang berkurang di hunimua-waipirit dan permintaan dari Bupati SBB trip terakhir keberangkatan 16.30, semua kapal ASDP operasi. Hunimia-waipirit 7 trip,” katanya melalui telfon selulernya, Jumat (22/5/2020).

Dikatakan, saat ini ada 3 kapal yang melayari rute tersebut tapi hanya mengangkut logistik dan bukan penumpang. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi. “Untuk kapal penyeberangan tetap masih ikut kebijakan pemerintah daerah dalam hal ini Gugus Tugas . Pada Prinsipnya ASDP mendukung sepenuhnya apa yang menjadi kebijakan pemerintah daerah,”terang dia.

Dijelaskan, saat ini pihaknya menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada oleh daerah dengan tetap adanya operasi kapal. Selain itu, pengurangan trip hanya berlaku untuk rute Hunimua-Waipirit saja sedangkan yang lainnya tetap berjalan dengan normal.

Dengan jumlah kapal sebanyak 5 buah dimana 3 kapal melayari Hunimua-Waipirit, 1 kapal rute Hunimua-Masohi dan 1 kapal rute Galala-Namlea. “Hunimua-waipirit 3 kapal, hunimua-masohi 1 kapal, galala-namlea sementara 1 kapal,” tambahnya.

Untuk rute Galala-Namlea juga harusnya dilayari oleh 2 kapal namun karena adanya masalah pada salah satu kapal saat ini hanya ada 1 kapal saja yang beroperasi. “Untuk Galala-Namlea kmp wayangan lagi ada trouble mudah-mudahan bisa segera selesai sementara lintasan tersebut dilayani 1 kapal kmp. Temi,” tutup Abdillah.(IA-EVA)

Exit mobile version