Arumbae Banda Bikin Kejutan, Porto Juarai Lomba Arumbae Manggurebe 2019

Peserta lomba arumbae manggurebe saat berada di titik star Amahusu.-ist-

AMBON(info-ambon.com)-Lomba Arumbai Manggurebe memeriahkan HUT 74 RI dan HUT 74 Provinsi Maluku yang dibungkus dalam salah satu kegiatan Festival Teluk Ambon tahun 2019, berakhir, Selasa (20/8/2019) siang.

Arumbae asal Pulau Banda Maluku Tengah, mampu membuat kejutan. Perahu asal pulau cengkeh dan pala tersebut, masuk pada ururan ke-2 dibawah arumbae dari Negeri Porto, Maluku Tengah. Sementara Negeri Haria, menjadi juara ke-3 diajang tahunan tersebut.

Arumbae Porto tampil sebagai pemenang dengan catatan waktu 52 menit, 31, 52 detik, kemudian arumbae  momor 3 dari Negeri Banda 1 dengan catatan waktu 52 menit, 32, 00 detik, sementara arumbai   dari Haria harus puas diposisi ketiga dengan catatan waktu 53 menit, 02,93 detik.

Posisi keempat diraih arumbae asal Negeri Banda 2 dengan catatan waktu 55 menit, 22, 38 detik, posisi 5 diraih peserta arumbai no urut 5 asal Negeri Ihamahu, Kecamatan Saparua Timur dengan catatan waktu 59 menit, 33,49 detik dan di urutan 6 atau juru kunci, diraih peserta arumbai nomor urut 6 asal Desa Rumatiga, Teluk Ambon, Kota Ambon.     

Tiap arumbai memuat 30 orang pendayung dan dua orang yang bertugas menyemangati tim dengan memukul-mukul tifa, juga mengarahkan arah haluan perahu.

Start dari dimulai Dermaga Tirta Kencana di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, pukul 09.00 WIT, dan finish di kawasan Lantamal Halong Ambon

Lomba perahu arumbae manggurebe itu mendapat perhatian warga Kota Ambon maupun masyarakat Maluku pada umumnya. Mereka datang menyaksikan lomba tersebut yang dilepas oleh Komandan Korem 151/ Binaya Kolonel Inf. Hartono pada pukul 8.45 WIT.

Lomba arumbae manggurebe merupakan rangkaian dari Festival Teluk Ambon 2019 yang mengangkat sejumlah kearifan lokal masyarakat Maluku sebagai daya tarik kunjungan wisatawan.(PJ)

Exit mobile version